Mengenal Lembaga Survei Roy Morgan, Lembaga Survei yang Sebut Ganjar Pranowo Ungguli Calon Lain
Ilustrasi Capres Ganjar Pranowo (ANTARA/Zubi Mahrofi)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Lembaga survei Roy Morgan menarik untuk dibahas setelah mereka merilis haris survei yang menyatakan bahwa Ganjar Pranowo jadi calon presiden paling unggul. Dalam survei, Roy Morgan melibatkan 2.630 pemilih dan hasilnya, Ganjar memperoleh dukungan sebesar 38 persen, menyusul Prabowo Subianto sebesar 30 persen, dan terakhir Anies Baswedan sebesar 25 persen.

Mengenal Lembaga Survei Roy Morgan

Roy Morgan adalah lembaga riset pasar sosial dan politik indepeneden yang berasal dari Australia dan berkantor di Melbourne, Victoria.

Dikutip dari situs resminya, lembaga riset tersebut didirikan oleh Roy Morgan yang merupakan seorang akuntan yang bekerja di perusahaan manajemen kekayaan J.B. Were. Selain itu ia juga bekerja sebagai penulis yang keuangan di surat kabar Sir Keith Murdoch, The Herald.

Lembaga riset Roy Morgan menggelar jajak pendapat publik pertama pada September 1941 untuk The Sydney Sun. Di kesempatan tersebut Roy Morgan melakukan survei terkait kesetaraan upah untuk pria dan wanita, hasilnya, 60 persen warga Australia mendukung kesetaraah upah.

Di pertengahan tahun 1950-an, karier riset pasar Roy Morgan mulai menanjak. Perusahaan melakukan berbagai survei untuk perusahaan besar seperti General Motors Holden, Philip Morris, Bank of NSW, Tattersalls, CUB dan Anti-Cancer Council of Victoria.

Hasil Survei Roy Morgan tentang Pilpres 2024

Seperti dijelaskan sebelumnya, lembaga survei Roy Morgan merilis hasil survei yang menyatakan bahwa Ganjar Pranowo mendapat dukungan paling tinggi dibanding dua calon lainnya. Survei tersebut digelar pada bulan Juli-September 2023 melibatkan pemilih usia 17 tahun ke atas.

Lembaga survei Roy Morgan menjelaskan bahwa Ganjar berhasil memimpin khususnya di Pulau Jawa dengan angka dukungan sebesar 41 persen, menyusul Prabowo sebesar 29 persen dan Anies sebesar 25 persen.

Akan tetapi angka Ganjar dan Prabowo sama-sama kuat di pulau Sumatera yang disebut oleh Roy Morgan sebagai pulau terpadat kedua di Indonesia dengan jumlah penduduk sebesar 60 juta jiwa. Sedangkan Anies Baswedan mendapat suara sebesar 28 persen.

Di Sulawesi dan Kalimantan, Prabowo disebut mendapat angka yang paling besar dengan masing-masing 42 persen dan 30 persen. Untuk Ganjar Pranowo mendapat suara di Sulawesi sebesar 33 persen dan 25 persen di Kalimantan. Sedangkan Anies Baswedan mendapat dukungan sebesar 22 persen di Sulawesi dan 25 persen di Kalimantan.

Sedangkan 7 persen pemilih di Indonesia menyatakan tidak dapat memilih satu di antara tiga kandidat yang ada.

Lembaga Survei Roy Morgan melalui artikel yang diterbitkan 12 Desember 2023 itu mengatakan bahwa survei jajak pendapat dilakukan sebelum masing-masing kandidat mengumumkan calon wakil presiden yang akan mendampingi mereka.

Selain Roy Morgan, lembaga lain juga sempat merilis daftar terbaru partai tak lolos pemilu 2024 menurut survei.

Itulah informasi terkait lembaga survei Roy Morgan. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.