Tingkat Kesukaan 3 Bakal Capres Versi Survei SMRC: Ganjar 82 Persen, Prabowo 80 Persen, Anies 68 Persen
Bakal capres Ganjar Pranowo/DOK PDIP

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis jajak pendapat mengenai tingkat kesukaan (likeability) tiga bakal calon presiden di kalangan pemilih kritis.

Ketiganya adalah bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo, bakal capres dari Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan bakal capres dari NasDem-PKS-Demokrat Anies Baswedan. Hasilnya, nama Ganjar paling banyak disukai oleh responden.

Pemilih kritis itu sendiri adalah pemilih yang memiliki akses yang lebih baik terhadap sumber-sumber informasi sosial-politik karena mereka memiliki telepon atau ponsel, yang memungkinkan mereka untuk mengakses internet dan mendapatkan berita-berita terkini dalam ranah sosial-politik.

Pemilih kritis umumnya berasal dari kalangan menengah bawah hingga kelas atas, memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi, dan cenderung tinggal di perkotaan. Mereka juga memiliki potensi untuk mempengaruhi opini kelompok pemilih di bawahnya. Diperkirakan bahwa jumlah pemilih kritis di seluruh Indonesia mencapai 80 persen.

“Di kalangan pemilih kritis, tingkat likeability Ganjar Pranowo 82 persen, Prabowo Subianto 80 persen, dan Anies Baswedan 68 persen,” kata Direktur riset SMRC Deni Irvani pada tayangan YouTube SMRC TV, Senin, 5 Juni.

Nama Ganjar yang berada di urutan pertama dilihat dari tingkat popularitas pada segi kualitas. Sementara, pada popularitas berdasarkan kuantitas, Prabowo Subianto menempati peringkat tertinggi, diikuti oleh Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Selain itu, survei ini juga mengungkapkan bahwa sebagian besar pemilih kritis telah mengetahui ketiga tokoh tersebut. Sebanyak 97 persen pemilih kritis sudah mengenal Prabowo, 91 persen mengenal Anies, dan 89 persen mengenal Ganjar.

Dalam periode enam bulan terakhir, terjadi penurunan signifikan dalam tingkat likeability Anies Baswedan. Pada survei Desember 2022, tingkat likeability Anies mencapai 73 persen, namun pada survei Mei 2023, angka tersebut turun menjadi 68 persen.

"Tingkat likeability Ganjar dan Prabowo relatif stabil dalam periode yang sama. Kedua tokoh tersebut juga mendapatkan respons yang lebih positif dibandingkan dengan Anies," tuturnya.

Survei ini dilakukan melalui telepon pada tanggal 30-31 Mei 2023. Survei ini melibatkan 909 responden yang dipilih secara acak melalui metode random digit dialing (RDD). Margin of error survei diperkirakan sekitar ±3,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.