Tokyolite Lepas Somebody Else, Penanda Album Baru di Tahun 2024
Tokyolite merilis single baru berjudul Somebody Else (dok. Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Tokyolite merilis single baru berjudul Somebody Else. Lagu ini menjadi rilisan pertama bagi band asal Bogor itu di sepanjang tahun 2023.

Lewat Somebody Else, band beranggotakan Stevan Arianto (vokal, gitar), Alexander Bramono (bass), Rori Jiwa Putra (gitar), dan Ben Maspanger (kibor) ini mencoba untuk mengukuhkan pengaruh groove funk ke dalam irama indie-pop yang mereka usung sejak awal.

Single kali ini menjadi spesial karena akan menandakan dimulainya rangkaian single yang nantinya akan menjadi materi dalam album kedua yang rencananya dirilis tahun 2024.

Somebody Else bukanlah lagu baru bagi Tokyolite. Hadir pertama kali lewat jam session di tahun 2017 lalu, lagu ini sempat mengalami beberapa perombakan aransemen.

“Pada waktu memproduksi lagu ini, gue lagi inspired banget sama Last Dinosaurs,The Band Apart dan Phoenix. Kayaknya bakal kelihatan sih di detail soundscape-nya,” kata Alexander Bramono dalam keterangannya, Senin, 18 Desember.

Adapun, proses rekaman dilakukan secara independen di Bogor dan Jakarta. Sebagian besar proses dilakukan di rumah, kecuali saat merekam vokal dan drum.

“Dalam proses produksi lagu ini, gua diberikan banyak kebebasan oleh personil lain dalam eksplorasi sound dan aransemen kibor,” ujar Ben Maspanger.

“Kebetulan ketika denger lagu ini, gua langsung keinget isian Minoru Mukaiya di lagu Casiopea album Mint Jams. Sedikit banyak aransemen gua pada lagu ini terpengaruh oleh beliau,” lanjutnya.

Sementara itu, Tokyolite dibantu oleh Shaku Hachi untuk mengisi bagian drum. Sedangkan proses mixing dan mastering, mereka dibantu oleh Reyner Ferdinand.

Secara lirik, Somebody Else mengambil pendekatan yang sangat personal, sebuah sudut pandang dari seseorang yang muak atas ekspektasi dan harapan dari orang lain terhadap dirinya.

Dalam proses pengerjaan lirik, sebagian besar diinisiasi oleh Alexander Bramono yang bekerja sama dengan Stevan Arianto.