Malaria Merebak di 2 Kampung di Jayapura, Kemenkes-Dinkes Terjun Lakukan Intervensi
Nyamuk malaria (Lapathlabs). (ANTARA-pri)

Bagikan:

JAYAPURA - Kasus malaria merebak di dua kampung di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua Tengah. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Jayapura terjun melakukan uji coba penanganan.

“Kami sudah melakukan uji coba penanganan malaria di dua kampung, sementara berjalan, dan saat ini sudah masuk ke siklus ketiga,” kata Sekretaris Dinkes Jayapura Edward Sihotang di Sentani, Jayapura, Senin 18 Desember, disitat Antara.

Menurut Edward, tahapan yang saat ini ikerjakan terkait penanganan malaria pada dua kampung tersebut yakni evaluasi.

“Hasil fokus penanganan malaria di dua kampung tersebut, jumlah kasus malaria mengalami penurunan yang sangat signifikan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, evaluasi masih dilakukan karena tutup buku kegiatan itu berakhir pada 27-28 Desember 2023.

“Kami senang intervensi yang kami lakukan bersama Kemenkes membuah hasil dengan angka penurunan yang sangat signifikan,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk keseluruhan jumlah kasus di Kabupaten Jayapura menurun sangat luar biasa, sebelum uji coba mencapai 47.443 kasus, kemudian menurun hingga 23.721.

“Penurunannya setengah dari jumlah penularan, sehingga ini masih akan kami tingkatkan pada tahun depan untuk terus menekan angka penularan malaria dengan keterlibatan kader,” ujarnya.