Jakarta Mulai Vaksinasi COVID-19 Dosis Kelima
Vaksinasi COVID-19 dosis kelima. (dok. Dinkes DKI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pempro) DKI Jakarta mulai membuka layanan vaksinasi COVID-19 dosis kelima untuk masyarakat umum. Layanan vaksinasi dosis kelima dimulai hari ini.

Pada layanan hari pertama di kawasan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Sudirman-Thamrin, sudah ada 52 orang yang divaksinasi.

"Dosis 5 di DKI Jakarta sudah dimulai hari ini, 17 Desember 2023. Semua layanan vaksinasi DKI Jakarta siap memberikan vaksinasi COVID-19 dosis ke-5 gratis untuk seluruh warga KTP Indonesia usia 18 tahun ke atas," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, Ngabila Salama kepada wartawan, Minggu, 17 Desember.

Selain dosis kelima, layanan vaksinasi di CFD hari ini juga menyuntikkan vaksinasi dosis pertama pada 1 orang, dosis kedua 20 orang, dosis ketiga 70 orang, dan dosis keempat 52 orang.

Ngabila menjelaskan, merek vaksin yang tersedia sata ini InaVac dan IndoVac. IndoVac merupakan vaksi produksi PT Biofarma dengan kandungan protein subunit rekombinan seperti vaksin Zifivax.

Sementara, vaksin InaVac produksi PT Biotis dengan kandungan inactivated virus seperti vaksin merk SinoVac.

"Tidak perlu memilih merek vaksin lagi karena merek apapun yang tersedia bisa untuk menyuntikkan dosis 1, 2, 3, 4, dan 5 tanpa melihat merek yang sudah disuntikkan sebelumnya," urai Ngabila.

Sementara, saat ini vaksinasi yang tersedia belum bisa diberikan untuk usia di bawah 18 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui.

"Jarak dosis 3 ke dosis 4 selama 6 bulan dan dosis 4 ke dosis 5 adalah 6 bulan juga. Jeda dengan vaksin merk lain bisa 14 hari, dan bisa diberikan 28 hari sesudah sembuh dari COVID-19," pungkasnya.