Cak Imin Akui Belum Siapkan Pertanyaan untuk Cecar Gibran dan Mahfud MD di Debat Cawapres
Cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) saat berkampanye di Bekasi (Ist)

Bagikan:

BEKASI - Debat kedua Pilpres 2024 khusus calon wakil presiden (cawapres) akan berlangsung pada Jumat, 22 Desember mendatang. Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengaku siap menghadapi debat nanti.

"Ya kita siap-siap aja," kata Cak Imin di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin, 18 Desember.

Hanya saja, Ketua Umum PKB tersebut mengaku belum mempersiapkan pertanyaan yang akan dilempar kepada cawapres nomor 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD dalam debat kelak.

"Kita belum punya rencana menanyakan apa. Belum siapkan (amunisi) sama sekali," ujar Cak Imin.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin menanggapi usulan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud yang mengevaluasi format debat dengan sedikit perubahan konsep, yakni penambahan podium dan memperbanyak sesi pertanyaan antarcalon.

"Setuju saja, mau pakai podium bagus, kalau enggak ya kayak kemarin Mas Anies itu. Ya semua terserah KPU saja,ah. Kita ikut apa yang diminta KPU," tutur dia.

Diketahui, debat kedua bakal diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat mendatang. Temanya akan terkait Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Debat ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024 bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Debat keempat pada Minggu, 21 Januari 2024 bertema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, energi, pangan, agraria masyarakat adat dan desa.

Selanjutnya, debat kelima atau terakhir yang digelar, Minggu, 4 Februari 2024 yang mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, SDM, dan inklusi.

Dalam pelaksanaannya, debat akan berlangsung selama 150 menit. Khusus sesi debat berjalan selama 120 menit, dan 30 menit sisanya tayangan iklan. Debat terbagi dalam enam segmen.

Debat Pilpres 2024 dibagi menjadi 6 segmen, yakni:

Segmen 1: pembacaan tata tertib oleh moderator, diikuti dengan pemaparan visi-misi oleh masing-masing calon presiden.

Segmen 2: pendalaman visi dan misi, di segmen ini panelis akan mengundi pertanyaan yang akan diawali dengan pasangan nomor 2, dilanjutkan pasangan nomor 3, dan terakhir pasangan nomor urut 1. Total, ada 18 pertanyaan yang diajukan oleh 11 panelis.

Segmen 3: pendalaman visi misi dan program kerja, di mana capres menjawab pertanyaan yang akan diberikan oleh moderator.

Segmen 4: para capres memberikan pertayaan kepada capres lainnya. Diawali dengan capres Anies Baswedan yang akan memberikan pertanyaan kepada Prabowo Subianto.

Segmen 5: Ini adalah segmen tanya jawab antar pasangan capres. Pada segmen ini, capres Anies akan menjadi yang pertama bertanya kepada capres Ganjar Pranowo.

Segmen 6: Ini adalah segmen penutup. Pasangan capres memberikan pernyataan penutup dan komitmen kampanye damai.