Kemenpora Dorong Pemuda Jadi Garda Terdepan Tanggap Bencana
Kemenpora gelar Youth Leadership Summit 2023 untuk bekali pemuda jadi garda terdepan tanggap bencana (dok. Kemenpora).

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia menegaskan pentingnya peran pemuda dalam kehidupan bermasyarakat.

Tak heran, Kemenpora ingin mendorong pemuda untuk lebih aktif dan memiliki jiwa kepemimpinan di tengah masalah atau isu yang berkembang di masyarakat.

Terbaru, Kemenpora dalam Youth Leadership Summit 2023 menyiapkan pemuda sebagai garda terdepan tanggap bencana.

Hal itu dilakukan tak lepas dari posisi Indonesia yang rentan terhadap bencana. Indonesia terletak di antara dua benua, dua samudera, dan pertemuan tiga lempeng yang berpotensi terjadi bencana sangat besar.

Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda Kemenpora, Mulyani Sri Suhartuti, dalam pemaparannya bertema 'Gerak Bersama, Tangguh Bencana' menegaskan pentingnya pemuda menjadi elemen terdepan menangani bencana.

"Pemuda secara fisik lebih kuat dibanding unsur masyarakat lain. Para pemuda akan menjadi problem solver ketika bencana itu datang atau terjadi."

"Para pemuda juga ujung tombak ketika semua elemen harus bahu-membahu menangani bencana. Sebagai manusia berharap dalam kondisi yang baik-baik saja, tetapi bencana dapat datang kapan saja."

"Jadi, pemuda harus siap dalam kondisi apa pun, menjadi pelopor dengan jiwa kepemimpinan untuk menangani ketika bencana terjadi,” ujar Mulyani.

Youth Leadership Summit Tahun diikuti oleh 117 pemuda dari organisasi pemuda di Wisma Kemenpora pada Kamis, 14 Desember 2023.

Sebagai pemateri, turut hadir pula Community Engagement Coordinator Indorelawan, Shendy Ristandi, yang membawakan materi 'Kontribusi Nyata Pemimpin Muda dalam Bidang Kesukarelawanan'.

Lalu, adapun perwakilan Humanitarian Affairs Analyst UN OCHA, Titi Moektijasih, yang memberikan pemahaman mengenai 'Bencana dan Penanganannya di Indonesia.

Terakhir, perwakilan Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana Dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri, Grace Miranda, dengan materi 'Kebijakan dan Manajemen Penanggulangan Kebakaran'.

Sebelumnya, Kemenpora juga membekali pemuda terkait perannya dalam berumah tangga.

Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) dengan tema 'Membentuk Generasi Emas 2045 sebagai Pemuda Tangguh melalui Keluarga Berkualitas di Lingkungan Dunia yang Berubah' itu digelar di Bali pada pekan lalu.