31,6 Ton Bantuan Kemanusiaan Diterbangkan ke Myanmar Pakai Pesawat Garuda
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menerbangkan 31,6 ton bantuan kemanusiaan menuju Yangon, Myanmar yang diangkut dengan armada Airbus A330-300.

Bantuan tersebut diterbangkan pada Senin, 26 Juni. Adapun bantuan kemanusiaan ini diinisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Bantuan tersebut terdiri dari health kit, kebutuhan logistik dan perlengkapan tanggap bencana bagi para korban bencana siklon Mocha di Myanmar,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, Selasa, 27 Juni.

Irfan menjelaskan, humanitarian flight tersebut di berangkatkan dari Bandara Internasioal Soekarno-Hatta dengan GA-8560 pada pukul 14.00 WIB dan telah tiba di Bandara Internasional Yangon pada pukul 17.35 LT.

Irfan mengatakan, penerbangan kemanusiaan tersebut merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia untuk senantiasa mewujudkan komitmennya, sebagai national flag carrier, dalam mendukung penuh solidaritas bangsa Indonesia, khususnya dalam misi kemanusiaan antarnegara.

“Tentunya menjadi kebanggaan bagi kami untuk dapat turut kembali berkontribusi dalam merealisasikan misi kemanusiaan Indonesia kepada negara sahabat, dimana pengiriman bantuan ini tidak hanya merepresentasikan komitmen kami untuk senantiasa berada di garda terdepan untuk menjalankan misi kebangsaan namun juga sebagai bagian dari wujud solidaritas antarbangsa,” paparnya.

Dikatakan Irfan, pemberangkatan bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia untuk rakyat Myanmar yang terdampak bencana badai siklon Mocha tersebut telah dilaksanakan melalui koordinasi intensif bersama para pemangku kepentingan, khususnya berkenaan dengan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan antarnegara.

“Berkenaan dengan pengangkutan bantuan kemanusiaan ini, kami ingin menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kelancaran seluruh proses penerbangan kemanusiaan ini,” ujarnya.

Irfan berharap, sinergi dalam misi kemanusiaan ini memberikan lebih dari sekadar manfaat bagi saudara-saudara kita di Myanmar, melainkan juga suntikan semangat serta pesan persaudaraan dari bangsa Indonesia.