Kemenkes Keluarkan Imbauan Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi aktivitas masyarakat menggunakan masker (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru saja mengeluarkan surat edaran yang menyoroti kewaspadaan terhadap potensi lonjakan kasus Covid-19 menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Surat edaran ini ditujukan kepada para pelaku perjalanan luar negeri, mengingat situasi pandemi yang terus berkembang di berbagai negara.

Peningkatan kasus Covid-19 di beberapa negara menjadi alasan utama bagi Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama dengan memperhitungkan potensi mobilitas masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam keteranganya menggarisbawahi pentingnya melengkapi vaksinasi Covid-19, termasuk dosis primer dan booster sesuai ketentuan yang berlaku.

"Sehingga sangat direkomendasikan untuk segera melengkapi vaksinasi Covid-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan," ujar Nadia Selasa 12 Desember.

Menurutnya, pelaku perjalanan luar negeri memiliki risiko tertular Covid-19 yang lebih tinggi karena interaksi dengan orang-orang dari berbagai negara. Oleh karena itu, kekebalan tubuh yang baik menjadi kunci untuk mencegah penularan selama perjalanan dan setelah kembali ke Tanah Air.

Dokter Nadia juga mengajak penyedia layanan kesehatan untuk memastikan ketersediaan pelayanan vaksinasi Covid-19 guna menjaga tingkat imunitas masyarakat.

Selain itu, pemerintah daerah diminta untuk menjamin ketersediaan vaksin dan logistik lainnya serta memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang akurat tentang lokasi layanan vaksinasi Covid-19.

"Pemerintah daerah juga diminta untuk menjamin ketersediaan vaksin dan logistik lainnya. Pemerintah daerah juga memastikan masyarakat mendapatkan informasi dengan baik, mengenai lokasi mendapatkan layanan vaksinasi Covid-19," ucap Nadia.

Sebagai upaya pencegahan tambahan, Nadia menyarankan masyarakat untuk melakukan beberapa antisipasi, antara lain dengan segera memeriksakan diri jika memiliki gejala yang mengarah kepada Covid-19.

Jika hasilnya positif, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri dan mengakses telemedicine setelah mendapatkan notifikasi dari Kemenkes.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya penggunaan masker terutama di tempat-tempat kerumunan, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin, melengkapi vaksinasi dengan dosis booster kedua, serta menunda bepergian ke daerah yang dilaporkan mengalami lonjakan kasus Covid-19 sebagai langkah pencegahan untuk meminimalisir penyebaran virus di masyarakat.