Bagikan:

JAKARTA - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengungkap alasan kenapa dirinya hanya ingin menghadiri forum debat capres dan cawapres resmi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Gibran beralasan, banyak kegiatan kampanye yang sudah banyak terjadwal. Khususnya agenda bertemu para kiai.

"Iya, karena kita tiap hari sudah terjadwal dengan jadwal-jadwal yang nggak bisa diubah," ujar Gibran di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu, 10 Desember, malam.

"Apalagi kalau ketemu kiai-kiai besar, itu nggak mungkin jadwalnya diubah, nggak sopan soalnya," sambung Wali Kota Solo itu.

Gibran juga beralasan dirinya merupakan cawapres paling akhir yang diumumkan ke publik dibanding dua kandidat lainnya. Karena itu, dia merasa perlu lebih banyak untuk berkampanye.

"Saya kan orang terakhir yang masuk nih, beliau-beliau lain kan dua bulan, tiga bulan sebelumnya kan udah muter. Saya kan orang terakhir, maknya kampanyenya harus lebih terjadwal," ucap Gibran.

Kendati demikian, Gibran memastikan, hal tersebut tidak akan mengurangi nilainya dalam menyampaikan visi misi dan gagasan sebagai kandidat cawapres di Pilpres 2024.

"Makanya saya dateng tuh kalau yang resmi-resmi aja. Kan nggak mengurangi nilai kan," kata Gibran.

Sebelumnya, Gibran menegaskan hanya ingin menghadiri forum debat capres dan cawapres yang resmi yang diselenggarakan oleh KPU. Hal itu dikatakannya saat menanggapi pertanyaan tak hadir di acara debat stasiun televisi.

"Saya datang yang debat resmi," kata Gibran di Grand Sahid, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Desember.