Polda Babel Cek Harga dan Stok Bahan Pokok Sejumlah Gudang
Tim Polda Babel bersama Perum Bulog Bangka memantau stok dan harga bahan pangan pokok di gudang distributor di Kota Pangkalpinang, Kamis (7/12/2023). (ANTARA/HO-Humas Polda Babel)

Bagikan:

PANGKALPINANG - Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung melakukan pengecekan harga dan stok beberapa jenis bahan pangan pokok di sejumlah gudang di Kota Pangkalpinang.

"Pada pemantauan hari ini kami bersama Kepala Bulog Bangka telah mendatangi langsung beberapa gudang distributor beras dan bahan pokok lain serta barang penting untuk memastikan ketersediaan barang yang ada di lokasi itu," kata Kasubdit I Indagsi Direktorat Kriminal Khusus Polda Babel Kompol Kurniawan Daeli di Pangkalpinang dilansir ANTARA, Kamis, 7 Desember..

Dalam pemantauan bersama Bulog Bangka tersebut didapatkan data persediaan berbagai bahan pangan pokok dan barang penting lainnya dalam kondisi aman dan cukup.

"Ini merupakan pemantauan berkala yang kami laksanakan bersama sejumlah instansi terkait dalam rangka memantau perkembangan stok dan harga guna menekan angka inflasi di daerah," katanya.

Dari pantauan di lapangan, tim mendatangi dua gudang distributor dan gudang milik Perum Bulog yang berada di Kota Pangkalpinang.

Berdasarkan hasil peninjauan, persediaan beras yang ada di dua gudang distributor dan gudang Bulog masih cukup aman, terutama untuk ketersediaan beras, bahkan pihaknya mendapatkan data untuk beras saat ini masih ada yang masih dalam proses pengiriman sekitar 2.500 ton.

"Untuk kendala sejauh ini tidak ada kendala dikarenakan daya beli masyarakat masih cukup tinggi khususnya beras SPHP Bulog. Secara umum diperkirakan masih cukup untuk kebutuhan masyarakat di Babel," katanya.

Untuk harga minyak goreng, kata dia, sampai saat ini masih relatif stabil, baik harga jual di tingkat pedagang pasar maupun di Bulog.

Dia mengatakan pemantauan harga dan stok barang akan terus dilakukan sebagai dasar untuk melakukan kebijakan jika sewaktu-waktu persediaan menipis.

"Ini akan terus kita lakukan pengecekan secara berkala bersama instansi dan pemangku kepentingan terkait agar bisa menjaga persediaan bahan pokok di Babel dengan aman," katanya.

Dari hasil pemantauan tersebut didapatkan harga sejumlah bahan pangan pokok untuk saat ini, antara lain beras premium Rp14.100/kilogram, beras medium Rp13.100/kilogram, beras SPHP Bulog Rp53.000/lima kilogram, gula pasir Rp15.700/kilogram, minyak goreng Kita Rp16.000/kilogram.