Bagikan:

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan adanya penambahan satu korban jiwa akibat erupsi Gunung Marapi di Sumatera Barat. Hingga Rabu 6 Desember pukul 21.00 WIB, jumlah korban jiwa mencapai 23 orang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Agam Ichwan Pratama Danda menyampaikan, korban terakhir yang ditemukan telah teridentifikasi.

Seiring dengan penemuan tersebut, operasi SAR gabungan akan ditutup. Meskipun begitu, BPBD Kabupaten Agam akan tetap menjaga posko tanggap darurat untuk membantu keluarga korban.

"Semua korban sudah ditemukan, terakhir satu orang meninggal dunia. Dengan begitu, operasi SAR kita tutup," kata Ichwan dalam keterangan resminya, Kamis 7 Desember.

Ichwan menegaskan pentingnya pembukaan posko tanggap darurat agar pihak yang masih mencari anggota keluarganya dapat berkoordinasi dengan lebih baik.

Dia juga mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Marapi untuk menghindari aktivitas di radius tiga km dari puncak gunung, serta mengurangi aktivitas di luar rumah, sambil menggunakan masker.

BPBD juga berencana berkoordinasi dengan berbagai instansi untuk menangani dampak lanjutan erupsi Gunung Marapi, mulai dari sektor pertanian, kehutanan, hingga kesehatan.

Ichwan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang, tidak terpengaruh oleh isu yang belum terverifikasi, dan selalu mengikuti petunjuk pemerintah daerah setempat.

Dalam musibah ini, jumlah pendaki yang ditemukan mencapai 75 orang, terdiri dari 52 orang yang selamat dan 23 orang yang meninggal dunia. Berikut adalah daftar identitas korban yang telah meninggal dunia:

1. Muhammad Adan, laki-laki, 21 tahun

2. Muhammad Teguh Amanda, laki-laki, 19 tahun

3. Nazahra Adzin Mufadhol, laki-laki, 22 tahun

4. Muhammad Alfikri, laki-laki, 19 tahun

5. Nurva Afitri, perempuan, 27 tahun

6. M Wilki Syaputra, 20 tahun

7. Divo Suhandra, 26 tahun

8. Afranda Junaidi, 26 tahun

9. Wahlul Alde Putra, 19 tahun

10. Riski Rahmat Hidayat, 20 tahun

11. Reyhani Zahra Fadli, 18 tahun

12. Filhan Alfiqh Faizin, 18 tahun

13. Aditya Prasetyo, 20 tahun

14. Yasirli Amri, 20 tahun

15. Irfandi Putra, 21 tahun

16. Muhammad Iqbal, 23 tahun

17. Ilham Nanda Bintang, 21 tahun

18. Novita Intan Sari, 23 tahun

19. Lenggo Baren, 19 tahun

20. Zikri Habibi, 19 tahun

21. Liarni, 22 tahun

22. Frengki Chandra Kusuma, 23 tahun

23. Siska Alfina