KPU Targetkan Teknis Debat Pilpres 2024 Rampung Besok
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari. ANTARA/ Donny Aditra

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan pembahasan teknis pelaksanaan debat Pilpres 2024 bakal rampung besok Rabu 6 Desember.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya sudah mengomunikasikan kepada tim pemenangan dari masing-masing pasangan calon (paslon) untuk menghadiri rapat tersebut.

"Rencana rapat lanjutan besok (6 Desember 2023)," kata Hasyim dalam pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, Selasa 5 Desember, disitat Antara.

Dia menjelaskan, rapat akan digelar siang hari dan dilakukan di Kantor KPU yang berada di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut dia mengatakan rapat akan membahas lebih detail terkait sejumlah hal teknis pelaksanaan debat nanti.

"Bahas format debat, tema debat, panelis, dan moderator," ungkap Hasyim.

Pada Rabu 29 Desember, KPU telah memutuskan bahwa seluruh kegiatan debat akan disiarkan secara langsung di sejumlah televisi (TV) nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya.

Pelaksanaan debat pertama dan kedua pada tanggal 12 dan 22 Desember untuk menutup akhir tahun 2023, kemudian dilanjutkan pada tanggal 7 dan 21 Januari dan terakhir pada tanggal 4 Februari 2024.

Debat pertama akan mengambil tema terkait dengan hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Pelaksanaan juga dilakukan di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta.

Pada Senin 13 November, KPU telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa 14 November, menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.