Tiba di Dubai, Jokowi Disambut Lantunan Ukulele Pelajar Keturunan Indonesia
Presiden Joko Widodo di Dubai, Persatuan Emirat Arab, Kamis (30/11/2023). (dok Setneg)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pelajar keturunan Indonesia Celine menghibur Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dengan alat musik ukulele di Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA), Kamis waktu setempat.

Setibanya di hotel setelah menempuh penerbangan sekitar 10 jam dari Jakarta, Jokowi dan rombongan disambut lantunan musik ukulele dari pelajar keturunan Indonesia.

Menurut siaran pers yang diterima di Jakarta pada Jumat 1 Desember, Jokowi tiba di Bandara Internasional Al Maktoum, Dubai sekitar pukul 16.25 waktu setempat.

Presiden Jokowi bersama rombongan lalu menuju hotel tempat tinggal selama berada di Dubai. Setibanya di hotel, seorang pelajar keturunan Indonesia, Celine menghibur Jokowi dan rombongan dengan alat musik ukulele.

Celine mengungkapkan keheranannya karena tidak menyangka mendapatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan Presiden di hotel tempatnya menginap.

“Sejujurnya saya tidak yakin Presiden (Jokowi) akan datang ke sini, tetapi ini sebuah kebetulan,” kata Celine sesaat setelah pertemuan itu.

Celine mengaku sangat senang bertemu dengan Presiden Jokowi, yang dianggapnya sebagai salah satu tokoh inspiratif. Bagi Celine, Presiden Jokowi merupakan sosok yang menginspirasi banyak orang di berbagai tempat.

“Dia juga menginspirasi banyak orang di mana pun. Saya sangat bersyukur bisa berkesempatan untuk bertemu dengannya hari ini,” ujarnya.

Selama pertemuan tersebut, Celine menunjukkan kemampuannya dalam seni musik. Di depan Presiden, Celine menyanyikan medley dari tiga lagu Indonesia sambil mengiringi dengan mahir alat musik ukulele miliknya.

“Saya memainkan medley dari tiga lagu yaitu 'Ojo Dibandingke', 'Pamer bojo', dan 'Tanah Airku',” ungkapnya.

Meskipun awalnya merasa grogi, Celine menjadi sangat antusias ketika mulai memainkan lagu medley tersebut di hadapan Presiden Jokowi dan sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

Pada akhir pertemuan, Presiden Jokowi pun memberikan tanda tangan pada ukulele yang dibawa oleh Celine. Celine menyatakan bahwa ia akan menyimpan alat musik tersebut sebagai kenang-kenangan atas pertemuannya yang berkesan dengan Presiden.

“Saya pasti akan menyimpannya,” ujarnya dengan rasa bahagia.

Selama di Dubai, Jokowi diagendakan menghadiri World Climate Action Summit (WCAS) COP28. Presiden juga direncanakan melakukan sejumlah pertemuan dengan para pemimpin negara lainnya.

Beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju juga berada di Dubai, antara lain Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Jokowi juga didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay.