Menlu Wang Yi Sebut China Dapat Mengendalikan Kasus Penyakit Pernafasan
Menlu China Wang Yi. (Sumber: Kementerian Luar Negeri RI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan, meningkatnya penyakit pernafasan di Tiongkok baru-baru ini merupakan hal umum yang juga dialami negara lain, dengan otoritas negeri itu bisa mengendalikan penyakit tersebut secara efektif.

"Baru-baru ini kita melihat sejumlah kasus flu di kalangan anak-anak di wilayah tertentu di Tiongkok. Faktanya, ini adalah fenomena yang sangat umum di banyak negara, dan di Tiongkok, hal ini sudah dapat dikendalikan secara efektif," kata Menlu Wang Yi yang tengah memimpin Sidang DKI PBB di New York, Amerika Serikat, melansir Reuters 30 November.

"Interaksi Tiongkok dengan komunitas internasional tidak akan terpengaruh oleh faktor apa pun, dan kami menyambut lebih banyak kunjungan dari teman-teman dari seluruh dunia," tambah Menlu Wang Yi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pekan lalu meminta Tiongkok memberikan informasi rinci, mengenai peningkatan penyakit pernafasan dan laporan kelompok pneumonia pada anak-anak.

Namun seorang pejabat WHO mengatakan pada Hari Senin, lonjakan penyakit di Tiongkok tidak setinggi sebelum pandemi COVID-19, dan menegaskan kembali bahwa tidak ada patogen baru atau tidak biasa yang ditemukan dalam kasus-kasus baru-baru ini.

"Kami bertanya tentang perbandingan sebelum pandemi. Dan gelombang yang mereka lihat sekarang, puncaknya tidak setinggi yang mereka lihat pada tahun 2018-2019," kata Maria Van Kerkhove, penjabat direktur departemen kesiapsiagaan dan pencegahan epidemi dan pandemi kepada outlet berita kesehatan STAT.

"Ini bukan merupakan indikasi adanya patogen baru. Hal ini sudah diperkirakan terjadi. Inilah yang ditangani sebagian besar negara satu atau dua tahun lalu," tambahnya.

Diketahui, baik WHO maupun China menghadapi pertanyaan tentang transparansi pelaporan kasus-kasus awal COVID-19 yang muncul di Kota Wuhan, Tiongkok tengah pada akhir tahun 2019.