Bagikan:

JAKARTA - Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid mengatakan Mahfud MD yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) cuti untuk berkampanye sebagai calon wakil presiden (cawapres). Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut telah memberikan izin.

"Pak Mahfud itu orangnya penuh dengan dan selalu ikut dengan apa aturan yang ada. Beliau sudah meminta cuti dan beliau sudah mendapatkan cuti tersebut, makanya beliau sekarang ada di Sabang," kata Arsjad di gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 28 November.

Meski cuti, Mahfud tetap akan memantau sejumlah isu terkait penegakan hukum. Pernyataan ini disampaikan Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid.

Katanya, Mahfud masih memiliki sejumlah tugas terkait penegakan humum yang harus diselesaikan. "Pak Mahfud ini orang yang punya komitmen kuat,” ungkap Yenny di lokasi yang sama.

“Dalam dialog saya dengan beliau, beliau menegaskan merasa masih punya tugas untuk menuntaskan beberapa agenda-agenda penegakan hukum di Indonesia. Karena itu walaupun saat ini beliau cuti, beliau tetap komitmen pada penegakan hukum,” sambungnya.

 

Selain penegakan hukum, Mahfud juga akan mengawal isu penting seperti pemberantasan korupsi. “Akan dipegang terus mengawal agenda penting ke depannya,” tegas Yenny.

Diberitakan sebelumnya, Ganjar memulai kampanye di Papua sedangkan Mahfud berkunjung ke Sabang, Aceh. Nantinya, mereka akan berkumpul di wilayah tengah Indonesia.

Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.