Warga Terdampak Banjir di Nagan Raya Aceh Mengungsi ke Dataran Tinggi
Warga terjebak banjir akibat meluapnya aliran sungai dari atas gunung di kawasan dataran tinggi Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Senin (27/11/2023) malam. (ANTARA/HO)

Bagikan:

NAGAN RAYA - Ratusan warga di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, dilaporkan mengungsi ke dataran tinggi setelah perkampungannya diterjang banjir yang berasal dari aliran sungai di gunung.

Samsuardi, warga Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, menjelaskan masyarakat di dataran tinggi tersebut sudah mengungsi ke gunung.

“Ratusan warga sudah mulai mengungsi ke tempat yang aman, karena takut menjadi korban banjir bandang,” katanya dilansir ANTARA, Senin, 27 November.

Saat ini masyarakat dari dua desa yang mulai mengungsi akibat banjir yaitu warga Desa Babah Suak dan Desa Kuta Teungoh, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, kata Samsuardi.

Kepala Pelaksana BPBD Nagan Raya, Aceh, Irfanda Rinadi dihubungi secara terpisah menjelaskan  belum ada laporan korban jiwa akibat bencana tersebut, dan pihaknya sudah menyiagakan personel di lokasi kejadian.

Ia menyebutkan, bencana alam yang terjadi tersebut diduga akibat tingginya curah hujan yang melanda kawasan tersebut sejak beberapa hari terakhir.

Ada dua desa yang saat ini terdampak banjir tersebut, yakni  Desa Babah Suak dan Desa Kuta Teungoh, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

“Ini bukan banjir bandang, tapi banjir yang airnya turun dari sungai yang ada di gunung,” katanya.