Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  melantik Edy Natar Nasution sebagai Gubernur Riau pada hari ini. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta.

Dipantau dari YouTube Sekretariat Presiden RI, acara pelantikan dilaksanakan pukul 10.30 WIB, Senin, 27 November.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 114P Tahun 2023 tentang Pengesahan Pemberhentian Wakil Gubernur Riau Masa Jabatan Tahun 2019-2024 dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Riau Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

"Mengesahkan pengangkatan Saudara Edy Nasution sebagai Gubernur Riau sisa masa jabatan tahun 2019-2024 terhitung sejak saat pelantikan," demikian bunyi Keppres yang dibacakan Deputi Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti.

Berikutnya, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh Edy Nasution. Pelaksanaan ini diikuti sejumlah undangan, termasuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD NKRI 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Jokowi diikuti Edy.

Selanjutnya, Edy menandatangani berita acara pelantikan di hadapan Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, Edy tadinya menjabat sebagai Plt Gubernur Riau. Dia akan menjabat sebagai gubernur definitif hingga akhir Desember 2023 atau sesuai masa jabatan yang berlaku.