Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyambut baik pembentukan panitia kerja (Panja) Netralitas TNI di Pemilu 2024. Puan berharap, TNI benar-benar menjaga dan menunjukkan netralitasnya di bawah kepemimpinan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru.

"Karena sesuai dengan fungsinya Tentara Nasional Indonesia. Artinya, memang nantinya dalam tahun politik atau bulan politik ini, kami berharap juga dengan ada pergantiannya panglima TNI yang baru, bisa menjaga netralitas hal tersebut," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 21 November.

Apalagi, lanjutnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sudah membuat sebuah posko atau pusat pengaduan netralitas TNI.

Tak hanya TNI, Puan berharap, seluruh aparat penegak hukum lainnya juga bisa menjalankan Pemilu 2024 secara damai, jujur, dan adil. Tanpa adanya polarisasi seperti pada pemilu yang lalu.

"Kemudian kita jaga agar pemilu ini bisa berjalan dengan baik dan lancar sehingga sampai insyaallah nanti tanggal 14 Februari kita ini bisa menjalankan pesta demokrasi dengan gembira, dengan happy, dengan damai kemudian tidak ada terjadi friksi-friksi ataupun memecah belah persatuan," kata Puan.

"Jadi kami meminta dan mengharapkan serta mengimbau kita menjalankan pemilu ini sebagai pesta, namanya pesta itu pesta demokrasi ya harusnya berjalan damai dan gembira," tambahnya.