Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo memamerkan tim pemenangannya akan memberi perhatian pada kelompok rentan. Bahkan Tim Inklusif yang dipimpin Deputi V di Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardhani bakal bergerak.

"Dalam tim pemenangan saya untuk pemilu, kami memandang penting untuk memberikan perhatian khusus kepada kelompok rentan seperti perempuan, penyandang disabilitas, dan masyarakat adat serta dialog lintas iman yang menjadi kekuatan kami," kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 17 November.

Ganjar mengatakan perhatian khusus ini perlu diberikan secara maksimal. Untuk perempuan, misalnya, mereka akan membentuk setengah dari populasi masyarakat dan memiliki peran sentral dalam pembangunan.

Sehingga, kubunya berkomitmen menciptakan lingkungan yang mendukung kesetaraan gender. “Memastikan perempuan memiliki akses penuh terhadap pendidikan, pekerjaan dan tentu saja keputusan politik," tegas eks Gubernur Jawa Tengah itu.

Selain itu, Ganjar bilang penyandang disabilitas juga akan menjadi perhatiannya bersama Mahfud MD sebagai cawapresnya. Mereka harus bisa mengakses infrastruktur maupun layanan publik yang setara dan haknya harus terjamin.

“Sehingga tidak ada yang tertinggal dalam pembangunan nasional,” ungkapnya.

Hal serupa juga harus dirasakan masyarakat adat yang memliki kekayaan budaya yang penting untuk dihargai dan dilestarikan. Ganjar memastikan ketika terpilih bakal memperkuat hak-hak atas tanah dan sumber daya alam mereka serta mengajak saat pengambilan keputusan terkait komunitasnya.

"Kami memandang kelompok rentan sebagai bagian tak terpisahkan dari kesejahteraan nasional dan akan mejadikan perlindungan hak-hak mereka sebagai prioritas utama agenda pemerintahan kami," kata Ganjar.

Dengan berbagai langkah ini diharapkan lingkungan yang lebih adil dan berkelanjutan bisa terbangun. Semua akan dirangkul Ganjar dalam keberagaman.

"Untuk kebutuhan strategis ini saya meminta Ibu Jaleswari Pramodhawardani menjadi Tim Inti Inkusi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD yang memuat tiga bidang strategis tadi dan sesegera mungkin untuk bergerak cepat. Selamat bertugas," pungkas sosok berambut putih itu.