Alasan Syaugi Didapuk Kapten Timnas Amin, Anies: Kombinasi Leadership dan Manajerial
Capres Anies Baswedan dan Cawapres Cak Imi didampingi Kapten Timnas AMIN Muhammad Syaugi Alaydrus di Jakarta, Selasa 14 November. (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Kabasarnas M Syaugi Alaydrus didapuk sebagai kapten tim pemenangan nasional pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Timnas Amin.

Capres 2024 Anies Baswedan menilai, Syaugi mempunyai kemampuan lengkap, dapat memimpin dan mengerti manajerial.

"Jadi bapak Syaugi kita pilih karena beliau memiliki kemampuan kepemimpinan yang amat baik, memiliki kemampuan manajerial yang baik, lalu kombinasi leadership dan manajerial," kata Anies, Selasa 14 November.

Kata dia, Pasangan Amin ingin sosok Timnas dapat mengelola sumber daya yang dimiliki koalisi pengusung dimaksimalkan secara maksimal, efisien dan efektif.

"Jadi beliau punya pengalaman di dalam kegiatan pengelolaan SAR, punya pengalaman kepemimpinan. Kalau anda liat CV-nya, hampir di semua tempat memimpin. Beliau juga mengerti bagaimana mengelola organisasi yang cukup besar," puji Anies.

Dengan begitu, Pasangan Amin sangat berharap agar pengalaman-pengalaman Syaugi bisa membawa Amin menjadi pemenang dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Oleh sebab itu pilihannya jatuh kepada pak Syaugi dan kita berharap dengan pengalaman yang beliau miliki, dengan jaringan yang beliau miliki akan punya kontribusi yang sangat besar di dalam tim pemenangan ini," tambah Anies.

Disinggung adanya potensi kecurangan dalam Pemilu nanti, Anies menambahkan akan melakukan pengawasan secara kolektif mulai dari Timnas, juga melibatkan relawan dan masyarakat.

Sebelumnya, Eks Kabasarnas M Syaugi Alaydrus diumumkan sebagai kapten tim pemenangan nasional pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Timnas Amin.

Pengumuman susunan Timnas Amin dilakukan langsung oleh pasangan capres dan cawapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini.

"Kapten timnas, namanya kapten. Bapak Marsekal Madya Muhammad Syaugi," ujar Anies Baswedan dalam deklarasi Timnas Amin di Menteng, Jakarta, Selasa, 14 November.

Pengumuman kapten timnas Amin ini digelar sebelum pengundian nomor urut capres-cawapres oleh KPU yang akan berlangsung malam ini. Usai deklarasi, struktur Timnas Amin akan diserahkan ke KPU pada esok hari, Rabu, 15 November.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid, meminta maaf jika kapten Timnas Amin tidak akan mengejutkan publik. Dia menyebut anggota Timnas Amin berasal dari kalangan profesional, purnawirawan hingga pengusaha.

"Kalau nama-nama besar mungkin ya sudah habis nama-nama besar, kita buat nama-nama yang mampu mengorganisir Timnas bekerja optimal," ujar Jazilul, Selasa, 31 Oktober.

"Kaptennya seperti Lionel Messi maunya. Maksud saya bisa mencari terobosan-terobosan, umpan yang repot saja bisa. Jadi Timnas ini tidak harus orang hebat, tetapi orang yang mampu berkolaborasi. Jadi mungkin mohon maaf nanti kalau tidak mengejutkan namanya," tambah Jazilul.