Pendemo di Patung Kuda Bubar, Jalan Medan Merdeka Barat Sudah Dibuka
Petugas PPSU membuka beton pembatas jalan di Patung Kuda usai keputusan MKMK/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Pusat mulai membuka blokade MCB beton yang mengisolir Jalan Medan Merdeka Barat, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa, 7 November, sore.

Proses pembukaan blokade dilakukan menggunakan satu unit alat forklift. Satu persatu beton berukuran 2x1 meter diangkat dengan alat dan dipindahkan ke sisi Jalan Medan Merdeka Barat.

"Pembukaan ruas jalur mulai pukul 17.30 WIB," kata salah satu polantas Polres Metro Jakarta Pusat.

Meski baru satu ruas jalur dari arah Istana Presiden menuju Bundaran HI yang blokade betonnya dibuka, aparat kepolisian memperkirakan bahwa dua ruas jalur Jalan Medan Merdeka Barat dapat diakses sekitar pukul 18.00 WIB.

Dari pantauan VOI, petugas PPSU Kecamatan Gambir juga turut membersihkan sampah sisa aksi demo di Jalan Medan Merdeka Barat.

"Semua ruas jalan sudah dibuka," ucapnya.

Sebelumnya, polisi menerapkan rekayasa arus lalu lintas di sekitaran Gedung Mahkamah Konstitusi. Arus lalu lintas dari arah Harmoni menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan Juanda dan Suryopranoto.

Arus Lalu lintas dari arah HI menuju Harmoni dialihkan ke Budi Kemuliaan dan Merdeka Selatan. Lalu lintas dari arah Budi Kemuliaan menuju Merdeka Barat dialihkan ke Merdeka Selatan. Lalu lintas dari arah Merdeka Selatan menuju Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan.