Aksi Bela Palestina, Anies Serukan Dunia Blokade Diplomasi ke Israel
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan orasi dalam aksi bela Palestina di kawasan Monas (Diah Ayu Wadani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan orasi dalam aksi bela Palestina di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Dalam orasinya, Anies meminta negara-negara di dunia untuk memblokade diplomasi kepada Israel jika masih menggencarkan serangan ke Gaza dan membuat semakin banyak warga Palestina menjadi korban.

"Mari semua bergerak juga semuanya bergerak melakukan blokade diplomasi pada Israel, menuntut genjatan senjata, dan meminta pertanggungjawaban mereka. Itu pesan kita kepada dunia," kata Anies, Minggu, 5 November.

Di satu sisi, Anies juga mendesak agar Israel membuka penutupan akses di jalur Gaza agar warga Palestina bisa menerima bantuan dari seluruh penjuru dunia.

"Karena itu saudara-saudara sekalian kita semua mendsraak agar buka blokade di Gaza. Biarkan bantuan masuk, biarkan rakyat di Gaza mendapatkan apa yang mereka butuhkan," ungkap Anies.

Tampak sejumlah tokoh menghadiri kegiatan ini. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla.

Hadir juga Wakil Ketua MUI Anwar Abbas, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Para tokoh lintas agama juga turut hadir dalam aksi bela Palestina. Aksi ini dikoordinir oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Para menteri hingga pejabat negara turut melontarkan orasi membela Palestina dari penjajahan Israel. Bendera Palestina dan Indonesia berkibar di seluruh penjuru kawasan Monas.