Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani turut menyampaikan orasi dalam aksi bela Palestina di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Puan menyatakan kecamannya kepada Israel yang menyerang warga Palestina di jalur Gaza.

"Kami mengutuk Israel yang telah membombardir permukiman penduduk, rumah-rumah ibadah, masjid, gereja, dan lain-lainnya. Serta, bentuk ketidakadilan lainnya terhadap bangsa dan rakyat palestina," kata Puan, Minggu, 5 November.

Di tengah orasinya, Puan mendapat sorakan dari sejumlah massa aksi yang memadati kawasan Monas. Ada massa yang meminta Puan untuk menyudahi orasinya.

"Huuu. Turun! Turun!" ucap salah satu peserta aksi.

Bahkan, ada juga yang meminta agar mikrofon yang dikenakan Puan untuk dimatikan.

"Matiin mic-nya! Matiin!" tutur seorang pria peserta aksi.

Masih dalam orasinya, Puan menuturkan bahwa bangsa Indoensia sejak zaman Presiden Soekarno hingga saat ini tetap tegak secara konsisten mendukung kemerdekaan Palestina.

"Kami juga menyatakan duka cita yang mendalam, korban yg meninggal dunia, korban yang luka-luka dari kalangan Palestina," lanjutnya.

Tampak sejumlah tokoh menghadiri kegiatan ini. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla.

Hadir juga Wakil Ketua MUI Anwar Abbas, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Para tokoh lintas agama juga turut hadir dalam aksi bela Palestina. Aksi ini dikoordinir oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Para menteri hingga pejabat negara turut melontarkan orasi membela Palestina dari penjajahan Israel. Bendera Palestina dan Indonesia berkibar di seluruh penjuru kawasan Monas.