Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan alasannya memilih dirawat di RS Singapura dan bukan di RS Indonesia.

Luhut tidak menampik bahwa banyak yang mempertanyakan soal alasannya untuk memilih rumah sakit di Singapura itu.

"Saya menyadari banyak pertanyaan muncul terkait mengapa saya tidak berobat di Indonesia, malah pergi ke Singapura. Sebenarnya pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, yang mana saya mendapat tindakan medis awal," kata Luhut dikutip dari akun Instagram pribadinya, dikutip Sabtu, 4 November.

"Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura," tambahnya.

Selama perawatan di sana, Luhut mengaku dirinya hanya ditemani oleh tim dokter, ajudan, beserta istrinya. Tak ada tamu bahkan deringan ponsel selama perawatan di sana.

"Karena pada hari-hari pertama di sini, praktis saya hanya ditemani tim dokter, ajudan, serta istri dan anak saya. Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab semua, harus lewat tangan para ajudan, sebuah keputusan berlandaskan kasih yang mendalam. 'Papa, fokus untuk pulih dahulu, sisanya bisa menunggu'. Begitu ucapan istri dan anak saya," ujarnya.

Dia pun mengaku dengan kondisinya yang sudah semakin membaik, dirinya sudah diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan kerja meskipun belum sepenuhnya.

Luhut bahkan diketahui sudah menerima kunjungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma'ruf Amin, beserta para menteri yang menjadi kawan dekatnya.

"Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih," ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita telah menjenguk Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Singapura. Dirinya berkunjung pada Jumat, 4 November.

"Iya kemarin saya dari Balikpapan langsung mampir dulu ke Singapura untuk menjenguk Pak Luhut dan alhamdulillah kondisi beliau semakin membaik," kata Jokowi mengutip Antara.

Presiden Jokowi berharap Luhut Binsar Pandjaitan bisa segera sembuh dan kembali beraktivitas normal.