Anggota DPR Pemilik Kapal Terbakar di Galangan Samarinda Bantah Muat Minyak, Kapal Baru Selesai Diperbaiki
Kapal terbakar di sekitar galangan PT Barokah Perkasa (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kapal yang terbakar dan meledak di sekitar galangan PT Barokah Perkasa, Kelurahan Pulau Atas, Kecamatan Sambutan, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), rupanya milik anggota DPR RI, Rudy Mas'ud.

Kapal berjenis tanker berwarna merah putih bernama Grace V bersender di tepian galangan PT Barokah Perkasa. Rudi, selain anggota DPR RI juga Komisaris PT Barokah Perkasa Group.

Rudy mengakui, kapal yang terbakar merupakan miliknya dan tercatat sebagai salah satu aset perusahan. “Penyebab kebakarannya belum tahu. Tapi benar itu punya anak perusahaan PT Barokah yang terbakar,” ujar Rudy Mas’ud saat dikonfirmasi dilansir Antara, Kamis, 11 Februari. 

Politisi Golkar ini menambahkan, kronologis kebakaran kapal juga tidak diketahuinya. Dia telah mengutus anggotanya untuk mengecek ke lapangan.

Saat kejadian, kapal tersebut baru selesai perbaikan dan dalam kondisi kosong muatan. Dia membantah adanya tumpahan minyak di sekitar lokasi kejadian.

“Belum tahu apakah karena korsleting, kelalaian atau karena kepanasan saya belum tahu,” ujar Rudy Mas'ud.

Sebelumnya, sebuah kapal terbakar dan meledak di sekitar galangan PT Barokah Perkasa, Kelurahan Pulau Atas, Kecamatan Sambutan, Samarinda, Kalimantan Timur pada Kamis sore

Kebakaran terjadi sekitar pukul 14.50 WITA, dan menimbulkan kepulan asap hitam membumbung tinggi di sekitar kawasan perairan Sungai Mahakam, Samarinda.

Menurut Hermawan, warga sekitar, terdengar ledakan beberapa kali dan bahkan suaranya terdengar keras hingga radius sekitar 500 meter.

"Saat ledakan pertama saya kira tabung gas yang meledak, namun kemudian terjadi lagi ledakan berikutnya dan saya melihat banyak warga melihat ke arah galangan kapal," kata Hermawan.

Menurut Hermawan, sejumlah benda juga tampak berterbangan ke udara saat ledakan kapal tersebut terjadi.