Kunjungi SMKN 3 Sukawati Bali, Jokowi Nyanyi Lagu Slank Bareng Siswa
Jokowi foto bersama sejumlah siswa saat meninjau SMKN 3 Sukawati di Gianyar, Bali, Selasa (31/10/2023). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proses pembelajaran dan sarana pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali pada Selasa 31 Oktober.

"SMK 3 Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, ini memang sangat relevan dengan Bali, utamanya di bidang pariwisata, karena di sini ada jurusan tata boga, perhotelan, tari, pedalangan, karawitan, musik... Semuanya relevan dengan pariwisata di Bali," katanya, dikutip dalam siaran pers Biro Pers Sekretariat Presiden di Jakarta, 31 Oktober, disitat Antara.

Jokowi mengungkapkan, perlunya mendorong pengembangan sekolah kejuruan bidang pariwisata di provinsi-provinsi yang menjadi tujuan wisata di Indonesia.

Dia menyampaikan, komitmen pemerintah untuk membantu meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah-sekolah kejuruan bidang pariwisata.

Selama mengunjungi SMKN 3 Sukawati, Jokowi meninjau studio tata boga, studio pedalangan, studio musik, studio tari, hingga studio karawitan.

"Saya melihat memang beberapa peralatan perlu diperbarui di sini dan tadi saya sudah menyanggupi untuk membantu," katanya.

Jokowi ikut menyanyikan lagu "Ku Tak Bisa" dari Slank yang dibawakan oleh para pelajar saat meninjau studio musik SMKN 3 Sukawati.

Di sekolah kejuruan itu, Presiden juga memberikan hadiah sepeda kepada pelajar yang bisa menjawab pertanyaan seputar Pancasila dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden meninjau SMKN 3 Sukawati didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Penjabat Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, dan Kepala SMKN 3 Sukawati I Gusti Ngurah Made Umbara.