Bagikan:

JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyambut positif langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang tiga calon presiden (capres) ke Istana Kepresidenan, Jakarta pada hari ini, Senin, 30 Oktober. Upaya ini disebut bisa menunjukkan keguyuban dan dinilai mampu menciptakan suasana kondusif.

“Bila ini terlaksana (makan siang bersama, red) akan mempertunjukkan keguyuban di antara presiden dan semua capres di hadapan masyarakat, dan dapat menciptakan suasana yang kondusif selama musim kampanye mendatang dalam menyongsong Pemilu 2024,” kata Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim dalam keterangannya kepada wartawan, Senin, 30 Oktober.

Meski begitu, Chico mengaku belum tahu pasti mengenai agenda itu. “Kami belum mendapatkan info yang valid,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengundang Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto siang nanti ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Ketiganya merupakan calon presiden yang bakal maju di Pilpres 2024.

“Nah, siang ini ketiganya diundang ke istana,” kata Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim kepada wartawan, Senin, 30 Oktober.

Belum dirinci Hermawi soal pertemuan itu. Tapi, NasDem menilai ini bukti konkrit pernyataan Jokowi soal dukungan yang dimaksud.

“Presiden pernah mengatakan bahwa beliau mendukung ketiga capres demi kebaikan bangsa,” tegasnya.

“Mungkin inilah wujud dukungan yang dimaksud,” sambung Hermawi.

Adapun ketiga capres ini bakal hadir tanpa calon wakil presiden mereka (cawapres). Saat ini, Anies berpasangan dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Ganjar menggandeng Mahfud MD, dan Prabowo maju bersama Gibran Rakabuming Raka yang merupakan anak Presiden Joko dan menjabat sebagai Wali Kota Solo.

“Tiga capres diundang ke istana hari ini tanpa cawapres,” tegasnya.