Aparat Desa Watuewei Maluku Barat Daya Sekongkol Korupsi Dana Desa hingga Rp761 Juta
Penyerahan empat tersangka dugaan kasus korupsi dana desa dan alokasi dana desa di MBD, ke Kejari Ambon, Rabu. (ANTARA/Winda Herman)

Bagikan:

AMBON - Penyidik Satreskrim Polres Maluku Barat Daya (MBD) melimpahkan  empat tersangka dugaan kasus korupsi dana desa dan alokasi dana desa kepada jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon.

Sebanyak empat orang tersangka itu adalah EKM alias Ever (sekretaris), PDJ alias Pait (bendahara), HFA alias Eto (mantan bendahara), dan AA alias Amus (pemasok dalam belanja desa).

"Hari ini kami melakukan tahap dua kepada JPU Kejari MBD yang berlangsung di kantor Kejari Maluku di Ambon," kata Kapolres MBD AKBP Pulung Wietno dikutip ANTARA, Rabu, 25 Oktober.

Keempat tersangka itu terlibat dalam kasus dugaan korupsi penyalahgunaan dana desa dan alokasi dana desa Watuwei, Kecamatan Dawelor-Dawera, Kabupaten MBD tahun 2016 dan 2017.

Sebelum tahap II, Kasat Reskrim Polres MBD Iptu Boyke Nanulaitta bersama personel Unit IV terlebih dahulu melakukan penelitian terhadap barang bukti yang diserahkan, kemudian pemeriksaan kesehatan dan penelitian terhadap masing-masing tersangka dan penandatanganan berita acara serah terima tersangka dan barang bukti.

"Tahap dua dilakukan setelah berkas perkara para tersangka dinyatakan lengkap (P21) oleh JPU," terangnya.

Sebelumnya, keempat tersangka ini diduga kongkalikong dengan modus operandi menaikkan harga barang.

Mereka disangka melakukan pembelanjaan barang tidak sesuai dengan peruntukan, membuat nota belanja dan kwitansi fiktif, serta membuat laporan pertanggungjawaban yang tidak sesuai dengan perbuatan para tersangka. Sehingga merugikan negara senilai Rp761.558.800.