Daftar Kontroversi Ketua KPK Firli Bahuri, Coreng Reputasi Lembaga Anti Rasuah
Ketua KPK Firli Bahuri/DOK Humas KPK

Bagikan:

YOGYAKARTA - Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, kembali menjadi perbincangan ketika dirinya menjadwalkan pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo. Ketua KPK tersebut memang sudah berapa kali menuai polemik. Terdapat sejumlah kontroversi Firli Bahuri yang pernah menjadi sorotan masyarakat. 

Firli Bahuri meminta penjadwalan pemeriksaan kembali dirinya dilakukan di Bareskrim Polri, alih-alih diperiksa di Mapolda Metro Jaya. Ketua KPK tersebut memenuhi panggilan penyidik untuk pemeriksaan pada hari Selasa (24/10) pukul 10.00 WIB. Ditreskrimsus Polda Metro Jaya memanggil Firli Bahuri untuk mengusut lebih lanjut dugaan pemerasan pimpinan KPK kepada eks Mentan Syahrul Yasin Limpo. 

Bukan kali pertama ini nama Firli Bahuri mencuat dan menimbulkan kegaduhan publik. Sebagai ketua KPK, tentu saja polemik tersebut telah membuat stigam miring bagi lembaga anti rasuah. Lantas apa saja kontroversi Firli Bahuri yang berkaitan dengan pelanggaran kode etik. 

Daftar Kontroversi Firli Bahuri Ketua KPK

Sebelum namanya muncul dalam kasus ini, Firli Bahuri tercatat pernah beberapa kali dilaporkan kepada Dewan Pengawas KPK. Bahkan Firli Bahuri juga pernah dikenai sanksi pada salah satu polemik yang melibatkan dirinya. Berikut ini sederet kontroversi Firli Bahuri Ketua KPK.

TWK Pegawai KPK

Salah satu kontroversi yang pernah menyelimuti nama Firli Bahuri yaitu dalam polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pegawai KPK. Novel Baswedan dan 74 pegawai KPK lainnya tidak lolos TWK terkait dugaan adanya pelanggar kode etik yang dilakukan pimpinan KPK pada tahun 2021. Firli Bahuri dan sejumlah jajarannya pun dilaporkan ke Dewas terkait hal ini.

Namun laporan Novel Baswedan dan 74 pegawai KPK lainnya ditolak oleh Dewas KPK. Dewas menilai laporan tersebut tidak memiliki bukti yang cukup. Dewas juga menyatakan Ketua KPK tidak menambahkan pasal terkait seleksi TWK.

Penggunaan Helikopter

Firli Bahuri juga menuai kontroversi karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik dengan menaiki helikopter untuk pergi ke Baturaja, Sumatera Selatan. Alasannya Ketua KPK tersebut menggunakan helikopter yakni untuk mempercepat perjalanan. 

Namun tindakan Firli Bahuri tersebut tidak sejalan dengan tata tertib di KPK. Dewas pun memberikan sanksi ringan teguran tertulis terhadap Firli.

SMS Blast

Ketua KPK Firli Bahuri juga pernah dilaporkan ke Dewas terkait dugaan pelanggaran etik menggunakan SMS blast yang dianggarkan negara. Laporan itu diajukan oleh para mantan pegawai KPK yang tergabung dalam IM57+ Institute.

Mars KPK

Firli Bahuri juga pernah terlibat kontroversi terkait lagu himne KPK, yang penciptanya adalah Ardina Safitri istri Ketua KPK tersebut. Pada Februari 2022, KPK merilis mars dan himne dari karya istri Firli Bahuri dan langsung mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Selain itu, diterbitkan juga SK Pimpinan KPK mengenai penetapan lagu mars dan himne KPK tersebut.

Dokumen Bocor

Firli Bahuri dilaporkan membocorkan dokumen penyelidikan dalam dugaan kasus korupsi tunjangan kinerja di Kementerian ESDM. Namun setelah Dewas KPK melakukan penyelidikan, tidak ditemukan bukti kuat untuk menyeret Firli ke sidang etik.

Polemik Brigjen Endar

Selain sejumlah kasus pelanggaran kode etik yang membawa nama Firli Bahuri, Ketua KPK ini juga pernah terlibat polemik terkait pemberhentian Direktur Penyidikan Brigjen Endar Priantoro. Namun laporan dugaan pelanggaran etik oleh Firli Bahuri dkk tidak dilanjutkan karena tidak memiliki cukup bukti. Keputusan ini juga menimbulkan pertanyaan mengenai transparansi dan akuntabilitas internal KPK.

Demikianlah beberapa kontroversi Firli Bahuri Ketua KPK yang pernah menjadi perbincangan publik. Track record miring yang disandang oleh Firli Bahuri tersebut tentunya dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap KPK sebagai salah satu lembaga penting untuk mengawasi kinerja dan transparansi pejabat pemerintah maupun program yang dijalankan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.