KPU DKI Distribusi Tinta Pemilu 2024 Mulai 8 November 2023
Ilustrasi pemilu (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - KPU DKI Jakarta akan mulai mendistribusikan tinta Pemilu 2024 pada tanggal 8 November 2023. Distribusi ini mulai dilakukan tiga hari setelah tinta tersebut diproduksi di Sunter, Jakarta Utara.

"Kami akan segera melakukan distribusi tinta Pemilu 2024," kata Anggota KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya, kepada awak media di Jakarta Utara, Jumat 20 Oktober.

Penerima awal tinta Pemilu 2024 adalah KPU Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu. Sisanya masih menunggu penandatanganan kontrak sewa gudang penyimpanan.

"Sewa gudang sudah selesai, jadi distribusi akan segera dapat dilaksanakan. Awal November perkiraannya," ujar Dody.

Sebelum didistribusikan KPU DKI sudah terlebih dahulu memeriksa komposisi dan ketahanan tinta-tinta tersebut dengan cara mengoleskannya di kuku jari. Hasilnya, tintanya tetap bertahan meski sudah dibasahi alkohol atau bahan pemudar warna lainnya.

"Kami telah melakukan pemeriksaan dari komposisi bahan. Sudah sesuai dengan spesifikasi dan juga terkait ketahanan. Kami sudah melakukan pengujian," kata Dody.

Proses pengemasan tinta juga harus sesuai dengan spesifikasi yang diminta oleh KPU. Dody juga memastikan tinta Pemilu 2024 ini halal yang berarti tinta tidak menghalangi air meresap ke dalam kulit.

Ini artinya pemilih yang menggunakan hak pilihnya nanti, tetap dapat melakukan salat dan ibadah lainnya.