Tips Membuat Proposal Usaha untuk Investor Agar Bisa Goal
Tips Membuat Proposal Usaha (Gambar Gabrielle Henderson-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Niat untuk berbisns tentunya kita akan berbenturan dengan yang namanya modal dan relasi. Namun modal di awal emang jadi bahasan yang krusial. kalau kita punya modal sih enak, tapi kalau tidak? Ya kudu cari yang namanya Investor dan membuat proposal usaha. Lantas bagaimana sih tips membuat proposal usaha yang tepat sasaran?

Tidak gampang untuk membuat suatu proposal usaha, terdapat banyak perihal yang butuh Kalian perhatikan serta yakinkan buat ada. Serta yakinkan proposal tersebut disusun secara jelas tetapi senantiasa pendek serta padat. Sebab seorang investor tidak mempunyai banyak waktu buat membaca proposal yang isinya bertele-tele, oleh sebab itu yakinkan Kalian menyusun proposal usaha Kalian semenarik mungkin.

Ada pula langkah-langkah ataupun metode membuat proposal usaha ialah selaku berikut:

Tips Membuat Proposal Usaha

1. Membuat Pendahuluan

Langkah awal yang wajib Kalian jalani merupakan membuat pendahuluan. Pada bagian ini investor berarti mengenali latar belakang usaha yang lagi Kalian jalankan. Di dalamnya nanti ada visi serta misi usaha Kalian dan cerminan tujuan serta sasaran yang hendak dicapai. Gambaran tujuan dan sasaran bakal membuat investor semakin percaya buat melaksanakan penanaman modal di perusahaan Kalian.

2. Cantumkan Profil Perusahaan

Metode membuat proposal usaha berikutnya yakni dengan mencantumkan profil usaha pada proposal. Kalian wajib mencantumkan 3 poin penting yaitu tipe usaha, nama perusahaan, serta posisi usaha Kalian. Data ini bakal digunakan oleh investor buat mengenali seberapa besar kemampuan keuntungan yang bias diperoleh dikala melangsungkan penanaman modal.

3. Buat Struktur Organisasi Perusahaan

Bila Kalian mempunyai usaha hendaknya Kalian mempunyai struktur organisasi. Struktur ini terdiri dari Kalian sendiri dengan sistem ataupun tim yang melaksanakan usaha Kalian. Dapat pula Kalian membuatnya antara owner serta karyawan. Bila sesuatu industri mempunyai sistem manajerial serta organisasional yang baik, maka Kalian dapat menyebutkan nama owner perusahaan, nama manager serta bagian marketing, HRD serta lain sebagainya. Struktur organisasi ini nantinya hendak menampilkan kalau usaha Kalian bakal dikelola oleh team yang jelas serta dijalankan secara sungguh- sungguh.

4. Menjelaskan Produk Usaha

Langkah berikutnya ialah dengan menarangkan produk usaha yang lagi Kalian jalankan. Kalian dapat mencantumkan tipe, metode pembuatan sampai keunggulan produk Kalian. Ulasan tentang perinci produk usaha haruslah serinci bisa jadi supaya investor mengerti serta tertarik buat melaksanakan penanaman modal.

5. Tentukan Sasaran Pasar

Berikutnya bagian yang tidak kalah berarti ialah dengan mencantumkan sasaran pasar. Jelaskan tentang siapa sasaran pasar Kalian. Definisikan sasaran pasar bersumber pada tipe pekerjaan, umur, wilayah, sampai kelas ekonomi sasaran pasar Kalian. Perihal ini nantinya bakal jadi nilai tambahan tersendiri pagi proposal Kalian. Karna artinya Kalian mengerti tentang buat siapa usaha Kalian ditunjukan dan menampilkan kalau bisnis Kalian mempunyai pasar yang potensial.

6. Susun Strategi Promosi serta Pemasaran

Tiap proposal usaha senantiasa mencantumkan gimana strategi perusahaan dalam kegiatan promosi serta pemasaran. Pada bagian ini Kalian wajib menarangkan secara perinci strategi apa yang hendak Kalian pakai supaya dapat menarik atensi konsumen. Dari sinilah investor bakal menganalisa berapa keuntungan yang bakal didapatkan nantinya.

7. Menyusun Laporan Keuangan

Selanjutnya perihal yang penting wajib Kalian cantumkan dalam proposal usaha yakni laporan keuangan yang terperinci serta transparan. Nantinya Kalian memerlukan alokasi dana yang diperlukan buat melaksanakan usaha Kalian. Kemudian, buatlah skema perhitungan untung yang bakal Kalian raih nantinya. Jangan lupa buatlah sistem perhitungan hasilnya. Hasil perhitungan tersebut bakal digunakan oleh investor buat menganalisa berapa modal yang butuh dikeluarkan serta berapa keuntungan yang didapat.

8. Buat Penutup dan Lampiran

Langkah berikutnya ialah membuat penutup serta lampiran. Yakinkan Kalian membuat penutup dengan perkata yang pas. Inilah bagian yang jadi pamungkas buat Kalian meyakinkan supaya investor ingin memberikan dananya. Jangan lupa buat menyertakan kalimat terima kasih di akhir proposal. Kemudian yang tidak kalah berarti yakni lampiran. Kalian dapat melampirkan biodata owner usaha, surat izin serta sertifikat usaha.

9. Buat Tampilan Luar Menarik

Metode yang terakhir yakni buatlah tampilan luar proposal menarik. Sebab perihal ini dapat saja menarik atensi investor yang tidak mempunyai banyak waktu buat membaca proposal. Tampilan yang unik dapat saja membuat proposal Kalian dibaca serta dipertimbangkan isinya. Ataupun Kalian pula bisa mempersiapkan proposal digital dalam wujud PDF, yang bisa dikirimkan ke email si investor. 

Jadi setelah mengetahui tips membuat proposal usaha, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!