Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh meminta KPU bersikap netral pada Pilpres 2024. Surya Paloh berharap KPU berdiri di atas semua kepentingan partai politik peserta Pemilu 2024 serta pasangan capres-cawapres 2024.

Hal ini disampaikan Surya Paloh dalam sambutannya saat mendaftarkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2024 ke KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Kamis 19 Oktober.

"Kami meyakini ini akan bisa tercapai ketika saudara-saudara kami yang menjadi harapan dari rakyat dan bangsa ini yaitu KPU berdiri tegak di atas kepentingan dan golongan maupun parpol-parpol peserta politik," ujar Surya Paloh.

Surya Paloh mengaku percaya kepada para komisioner KPU yang saat dipimpin oleh Hasyim Asy'ari akan bekerja secara netral, transparan, dan profesional.

"Sejujurnya Mas Hasyim, saya percaya KPU kita yang ada di tempat ini, mudah-mudahan doa kami, doa kita semua dan ridho Allah untuk kita semuanya, sukses bagi kita, sukses bagi bangsa itulah yang kita harapkan," tandas dia.

Diketahui, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi mendaftar ke KPU pada hari ini, Kamis 19 Oktober. Pasangan Anies-Cak Imin mendaftar menggunakan kendaraan Land Rover dengan atap terbuka.

Anies-Cak Imin kompak mengenakan kemeja putih dan peci berwarna hitam. Anies didampingi oleh Ketum Nasdem Surya Paloh, Presiden PKS Ahmad Syaikhu serta elite partai Nasdem, PKB dan PKS.

Surya Paloh pun mempunyai keyakinan dan harapan serta doa bahwasanya pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 berjalan dengan baik dan berlangsung secara tertib juga diikuti partisipasi publik.

"Kami punya keyakinan dan harapan bahwa pemilu yang akan kita jalani nanti berjalan benar benar sesuai harapan kita semuanya termasuk harapan KPU," tambahnya. 

Sementara itu, pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden lainnya, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, juga akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari Kamis (19/10/2023). Ganjar-Mahfud berkumpul terlebih dahulu di Tugu Proklamasi sebelum menuju ke KPU sekitar pukul 11.00 WIB.

Rencananya, mereka akan datang ke KPU bersama sukarelawan dan pendukung, serta para ketua umum partai politik yang mendukung mereka. Proses pendaftaran calon presiden dan wakil presiden akan berlangsung dari tanggal 19 hingga 25 Oktober 2023.