Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo menyinggung soal kontrol diri saat terpilih menjadi presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal tersebut disampaikan untuk menanggapi pertanyaan dari salah satu anak muda dalam acara 'Deklarasi Capres-Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD' pada Rabu, 18 Oktober.  Ganjar saat itu ditanya soal peluang memberikan 'karpet merah' pada Alam Ganjar yang merupakan anak tunggalnya.

"Saya mungkin hanya akan kasih baju merah saja ke dia," kata Ganjar sambil berkelakar ketika menjawab pertanyaan dalam acara yang digelar di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia, Jakarta.

Ganjar kemudian menyebut memegang kekuasaan itu penuh godaan. "Maka kita harus punya kontrol diri dan tahu diri," tegasnya.

Dia berpandangan setiap pemuda harusnya punya kesempatan yang sama. Tak peduli dia anak kepala daerah maupun presiden.

Karenanya, ke depan Ganjar akan memperhatikan sarana pendidikan. "Kelak kemudian siapapun bisa menjadi apapun melalui jalur yang fair," ungkapnya.

"Saya tidak mau kelak anaknya mas itu akan kalah dengan Alam, karena anak presiden. Saya tidak mau anaknya mas kalah dengan anak bupati, saya tidak mau anak mas akan kalah dengan anak gubernur atau siapa pun," lanjut Ganjar.

Tapi, sosok berambut putih ini menilai kesetaraan tersebut tak bisa dilakukan sendiri. Semua pihak harus membantunya jika terpilih.

"Karena itulah, penting teman-teman hadir untuk kemudian memberikan ke saya saran, kritik, kontrol. Karena semua butuh proses," pungkas Ganjar.