Jelang Libur Imlek, Korlantas Bakal Lakukan <i>Random Test</i> COVID-19
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal melakukan random tes swab di sejumlah tempat peristirahatan tol di Pulau Jawa. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan COVID-19 selama libur tahun baru China (Imlek).

"Antisipasi libur panjang, kami sudah lakukan antisipasi yaitu lakukan random test di rest area," ucap Kakorlantas Polri, Irjen Istiono dalam keterangannya, Rabu, 10 Februari.

Penerapan random tes swab ini, kata Istiono, sejalan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Sebab, penerapan protokol kesehatan bakal diperhatikan mulai dari komunitas-komunitas terkecil di masyarakat.

Dalam persoalan lalu lintas, komunitas terkecil bisa didefinisikan sebagai para penumpang kendaraan umum. Sehingga, kesehatan mereka perlu diperiksa untuk terhindar dari COVID-19.

Terlebih, pemeriksaan atau tes swab juga merujuk pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 3 Tahun 2021 tentang pelaksanaan PPKM Mikro. Dalam surat edaran itu mengatur tentang hal tersebut.

"Nah SE 3 khusus untuk bali wajib, baik darat maupun udara. Kemudian untuk di Jawa sifatnya random, kemudian untuk umum dan pribadi juga random (tes acak)," kata dia.

Sekadar informasi, tahun baru China jatuh pada Jumat 12 Februari. Namun, hal ini masuk dalam kategori libur panjang karana bertepatan dengan akhir pekan.

Terkait