21 Delegasi KTT AIS Tiba di Bali
ILUSTRASI ANTARA?Bandara Ngurah Rai Bali

Bagikan:

NUSA DUA - Sebanyak 21 pemimpin delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AIS Forum 2023 tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, untuk menghadiri pertemuan pertama negara pulau dan kepulauan di dunia di Nusa Dua, Kabupaten Badung, 10—11 Oktober 2023

"Ada 33 delegasi dan empat organisasi internasional," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong di sela AIS Forum di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin, 9 Oktober.

Usman Kansong menjelaskan kedatangan 21 pemimpin delegasi itu mendarat dengan periode waktu (slot) tiba pukul 10.00 hingga 23.55 WITA.

Berdasarkan data Sekretariat AIS Forum, sebanyak 19 pimpinan negara kepulauan yang sudah tiba, yakni Bahrain, Marshall Island, Tuvalu, Niue, Maladewa, Malta, Saint Lucia, Jepang, Inggris, Irlandia, Selandia Baru, Filipina, Siprus, Fiji, Cabo Verde, Madagaskar, Mikronesia, Suriname, dan Samoa.

Organisasi internasional yang dijadwalkan hadir, antara lain, Pasific Island Forum (PIF) dan Melanesian Spearhead Group.

Para pimpinan negara pulau dan kepulauan serta organisasi internasional itu disambut hangat secara langsung oleh pejabat dari instansi pemerintah Indonesia sejak mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Seluruh tamu negara yang hadir itu pun disambut secara kenegaraan oleh Pasukan Cordon dari Polisi Militer di bawah koordinasi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Pasukan Cordon beranggotakan prajurit-prajurit militer dari TNI Angkatan Darat terbaik yang bertugas sebagai pengawal protokoler kenegaraan.

Tugas Pasukan Cordon adalah memberikan penghormatan militer kepada tamu negara yang hadir, seperti memberikan sambutan dengan senjata, membuka pintu mobil tamu negara, dan mengawal tamu negara dari pintu masuk hingga ke tempat duduknya.

Para tamu juga disambut secara adat lewat suguhan tari pendet yang merupakan tarian penyambutan khas Bali.

Tari itu biasanya tampil dalam berbagai upacara keagamaan dan upacara adat di Bali.

Para pemimpin delegasi itu dijadwalkan menghadiri KTT AIS Forum 2023 di BNDCC, Nusa Dua, Bali, yang puncaknya dibuka Presiden Joko Widodo pada tanggal 11 Oktober 2023.

AIS Forum merupakan wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan yang bertujuan memperkuat kolaborasi mengatasi empat masalah global, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim.

Penyelenggaraan KTT AIS Forum ini untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif serta sebagai wadah gotong royong dalam mendorong agenda masa depan, yakni tata kelola laut global.

AIS Forum yang pertama di Bali diharapkan dihadiri perwakilan dari 51 negara kepulauan dan pulau, baik setingkat kepala negara/pemerintahan maupun perwakilan setingkat menteri.