Bagikan:

PALANGKA RAYA - Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Nanang Avianto meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Tanjung Taruna dan Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau yang diduga menjadi penyebab terjadinya kabut asap di daerah setempat.

Kabid Humas Kombes Erlan Munaji mengatakan Kapolda selain meninjau lokasi kebakaran, pihaknya juga melakukan pemetaan terhadap wilayah yang terjadi karhutla di daerah setempat.

"Tidak hanya itu, Bapak Kapolda bersama rombongan pun juga ikut meninjau proses pemadaman api, sekaligus memeriksa kondisi sumur bor yang berada di dekat lokasi kebakaran," kata Erlan Munaji dilansir ANTARA, Selasa, 3 Oktober.

Pihaknya juga segera berkoordinasi bersama pemerintah daerah setempat, untuk memaksimalkan upaya penanganan karhutla mulai dari sosialisasi hingga pemadaman api yang terjadi di sejumlah titik.

"Tentu kami akan mengerahkan personel dan juga mobil water canon, untuk mempercepat proses pemadaman karhutla agar tidak meluas seperti sekarang ini," ucapnya.

Di akhir peninjauan Kapolda juga melakukan pengecekan posko satuan tugas (satgas) karhutla dan memberikan motivasi serta bantuan berupa vitamin bagi personel yang terlibat.

Sebab para personel gabungan tersebut sudah beberapa hari terus berjibaku dalam upaya pemadaman karhutla yang terjadi di sejumlah titik di daerah tersebut.

"Dengan adanya bantuan vitamin bagi personel yang bertugas, tentunya kesehatan mereka juga terjaga dengan baik karena ada asupan vitamin karena tugas mereka di lapangan tentunya tidak mudah," tutup Kabid Humas Polda Kalteng.