DPR Bangga Sejahtera Dwi Bawa RI Jadi Negara ASEAN Pertama yang Raih Emas Asian Games 2023
Atlet menembak Muhammad Sejahtera Dwi Putra mendapat medali emas kedua di Asian Games 2023 Hangzhou/NOC Indonesia.

Bagikan:

JAKARTA - Komisi X DPR RI mengapresiasi capaian atlet menembak Muhammad Sejahtera Dwi Putra yang berhasil menyumbangkan medali emas pertama bagi kontingen merah putih di ajang Asian Games 2023. Capaian itu juga menjadikan Indonesia sebagai negara pertama ASEAN yang memperoleh emas di kompetisi olahraga bergengsi se-Asia tersebut di tahun ini.

“Dengan medali emas pertama dari cabang menembak di hari-hari awal penyelenggaraan Asian Games 2023 akan memberi semangat dan memotivasi atlet cabang olahraga lainnya untuk berprestasi,” kata Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Paraira, Selasa 26 September.

Atlet menembak Muhammad Sejahtera Dwi Putra atau yang akrab disapa Tera ini meraih medali emas pertama untuk kontingen Indonesia dalam Asian Games 2023 yang digelar di Hangzhou, China. Tera meraih prestasi tersebut setelah mencetak skor tertinggi dalam nomor 10 meter running target perorangan putra.

Tera juga berkontribusi pada kemenangan tim Indonesia dalam nomor 10 meter running target beregu. Tim Indonesia yang terdiri dari Tera, Akbar Muhammad Badri, dan Julio Irfandi berhasil meraih medali perunggu dengan total catatan 1.667.

Terhitung hingga pukul 15.25 WIB hari ini, Indonesia berada di peringkat 6 pada klasemen perolehan medali di Asian Games 2023 dengan total 9 medali, yakni 3 medali emas, 1 medali perak, dan 5 medali perunggu. Andreas mengatakan capaian tersebut menjadi modal berharga untuk keberhasilan Indonesia di Asian Games 2023.

“Ini baru permulaan, yang dipersembahkan dengan baik oleh atlet-atlet berprestasi kita,” ucapnya.

“Tentunya semua rakyat Indonesia berharap kontingen garuda dapat terus mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan bendera Merah Putih di posisi tertinggi pada podium Asian Games 2023 di Hangzhou,” lanjut Andreas.

Legislator dari Dapil NTT I ini mengatakan, keberhasilan Indonesia di awal perhelatan Asian Games 2023 menjadi bukti dari kemampuan dan dedikasi tinggi yang dimiliki oleh atlet-atlet kebanggaan negara. Andreas pun menyebut, kemampuan kontingen Indonesia tidak kalah dibanding negara Asia lain.

“Mereka telah menunjukkan bahwa dengan kerja keras, tekad, dan semangat juang yang tak kenal lelah, segala sesuatu menjadi mungkin,” tuturnya.

"Kemenangan ini juga menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk bermimpi, bekerja keras, dan menggapai prestasi yang tinggi dalam bidang apa pun yang mereka geluti," sambung Andreas.

Komisi X DPR yang membidangi urusan pemuda dan keolahragaan pun disebut akan terus mendukung upaya-upaya peningkatan prestasi atlet-atlet Indonesia. Andreas mendorong Pemerintah untuk serius dalam melakukan pembinaan atlet di seluruh cabang olahraga.

“Prestasi ini mengingatkan akan pentingnya pembinaan dan dukungan yang berkelanjutan bagi atlet-atlet Indonesia yang berprestasi,” ujarnya.

Andreas menambahkan, ada banyak benih-benih potensial bangsa yang tersebar di berbagai bidang olah raga. Negara berkewajiban untuk mengasah talenta-talenta atlet demi nama baik Indonesia di kancah dunia.

“Perhatian yang lebih mendalam harus diberikan dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan atlet. Hal ini termasuk peningkatan fasilitas olahraga, program pelatihan yang lebih baik, serta perhatian khusus terhadap aspek kesejahteraan dan pengembangan karir atlet,” papar Andreas.

Terkait