Apa Itu Tiket Berbasis Akun: Berikut Uraiannya
Apa Itu Tiket Berbasis Akun (Gambar Transjakarta-ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempraktikkan uji coba pembelian tiket berbasis akun (account based ticketing/ ABT) pada MRT, LRT Jakarta, serta Transjakarta lewat aplikasi Jaklingko. Lantas apa itu tiket berbasis akun?

" Pada minggu lalu kami telah melaksanakan uji coba. Prinsipnya buat fitur ABT di aplikasi Jaklingko ini telah cukup baik," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo usai rapat Komisi B DPRD di Bogor, Jumat.

Melansir dari ANTARA, dalam uji coba itu, kata Syafrin, pernah menemui terdapatnya hambatan teknis minor. Diharapkan dari perihal ini implementasi ke depannya jadi lebih baik dalam waktu dekat. 

Apa Itu Tiket Berbasis Akun

Ia berharap ABT ini mampu mendapat biodata maupun mengetahuinya jejak perjalanan seluruh pengguna angkutan umum dari transportasi massal seperti MRT, LRT Jakarta, dan Transjakarta. 

ABT ini nantinya dibentuk dalam sebuah aplikasi dengan memasang kode batang (barcode) sehingga ada atau tidaknya kartu uang elektronik (KUE), pelanggan akan tetap bisa menaiki moda transportasi selama ada saldo. 

Misalnya, KUE ini hilang bisa dengan otomatis diganti dengan mencantumkan kembali nomor kartu di aplikasi ABT itu dan isi saldo juga tidak hilang. Implementasi ABT ini, kata dia, untuk mengefesiensikan subsidi kewajiban layanan publik (public service obligation/PSO) yang diberikan Pemprov DKI dengan menyesuaikan pengumpulan data di lokasi.

"Teknologi dari ABT ini akan kami mainkan, kemudian akan diperhitungkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan pemberian PSO ke depannya," terangnya. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendirikan PT Jaklingko Indonesia (PT JLI) yang diberi mandat mengimplementasikan layanan terintegrasi moda transportasi yang bisa diakses menggunakan aplikasi Jaklingko dan Kartu Transportasi. 

Saat ini, PT Jaklingko Indonesia sedang membangun sistem tiket berbasis akun (ABT) yang mampu menerapkan subsidi angkutan umum agar lebih efisien. Pengoperasian TJ, MRT, dan LRT memerlukan biaya total sekitar Rp7 triliun dalam setahun. Pemerintah Provinsi DKI tiap tahun mengeluarkan biaya dalam bentuk PSO sekitar Rp4 triliun agar biaya tiket terjangkau.

Jadi setelah mengetahui apa itu tiket berbasis akun, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!