Proyek Infrastruktur yang Mulai Dibangun di IKN, dari Hotel hingga Rumah Sakit
Presiden Jokowi tinjau proyek di IKN Nusantara (Dok BPMI)

Bagikan:

YOGYAKARTA –  Sederet proyek infrastruktur yang mulai dibangun di IKN menarik untuk dibahas. Seperti diketahui, Pemerintah terus menggenjot pembangunan Ibu Kota (IKN) Nusantara termasuk berbagai infrastruktur penunjang. Bahkan beberapa di antara proyek tersebut hampir selesai.

Proyek Infrastruktur yang Mulai Dibangun di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri telah meletakkan batu pertama atau groundbreaking di beberapa infrastruktur di IKN Nusantara. Dalam groundbreaking tersebut Presiden juga mengajak menteri hingga publik figur. Di luar hal tersebut, ada beberapa proyek yang sedang dibangun yakni sebagai berikut.

1. Hotel

Salah satu proyek swasta yang telah dilakukan peletakan batu pertama di IKN Nusantara adalah hotel. Setelah Hotel Nusantara ada pula Hotel Vasanta. Artinya, di IKN Nusantara sudah ada dua hotel yang nantinya siap menampung para tamu.

Perlu diketahui Hotel Nusantara adalah hotel bintang lima pertama yang dibangun di IKN. Proyek tersebut berasal dari investasi konsorsium 9 perusahaan swasta di Tanah Air.

Sedangkan Hotel Vasanta adalah hotel bintang empat di IKN yang akan dibangun di atas lahan seluas 0,7 hektare di lokasi KIPP 1A.

3. Training Center Timnas

Presiden Jokowi juga telah melaksanakan groundbreaking National Training Center Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat 22 September 2023. Ia menilai bahwa Training Center di IKN adalah bagian dari investasi bangsa menuju prestasi tim nasional Timnas Indonesia.

"Saya yakin, saya optimistis mampu membawa dan menyaksikan Garuda kita, timnas kita tidak hanya juara di Asia Tenggara, tetapi akan segera mendunia," ujar Jokowi dalam agenda Groundbreaking National Training Center IKN yang disiarkan dari YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat dikutip dari Antara.

National Training Center di IKN didirikan di atas lahan seluas 34,5 hektare dengan delapan lapangan dan berbagai fasilitas pendukung lain yang terintegrasi dengan pembangunan IKN.

3. Tempat Rekreasi

Presiden menjelaskan bahwa di IKN juga akan ada tempat rekreasi berupa kebun binatang seperti taman safari. Pembangunan sendiri akan segera dibangun.

"Tadi malam juga kita bicara untuk taman safari dan lain-lain akan segera dimulai di Ibu Kota Nusantara," kata Presiden.

4. Gedung Pemerintahan

Di IKN juga tengah dibangun gedung pemerintahan. Gedung tersebut seperti gedung Istana Presiden, kantor presiden, Sekretariat Presiden, serta beberapa gedung yang menjadi Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko).

5. Rumah Sakit Swasta

Di IKN juga dibangun rumah sakit Abdi Waluyo. Proyek swasta ini telah menggelar Groundbreaking pada hari Jumat, 22 September 2023. Rumah sakit tersebut jadi RS pertama yang ada di IKN. Sedangkan nilai investasi RS Abdi Waluyo sendiri mencapai Rp2 triliun dengan berbagai fasilitas termasuk ratusan kamar.

Di tahap awal, rumah sakit tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 5.000 meter persegi dengan 5 lantai. Selain itu ke depannya RS Abdi Waluyo juga akan mendukung seluruh program bagi atlet Indonesia.

Itulah informasi terkait proyek infrastruktur yang mulai dibangun di IKN. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.