Bagikan:

JAKARTA - Voxpol Center Research and Consulting mengumumkan hasil survei terbaru terkait preferensi pemilih dalam Pilpres 2024. Ternyata, banyak responden yang ingin memilih calon presiden (capres) yang akan melanjutkan sekaligus memperbaiki program pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Data terbaru dari Voxpol Center menunjukkan gambaran yang menarik tentang preferensi pemilih dalam Pilpres 2024. Sebanyak 40,8 persen responden mengungkapkan keinginan mereka untuk memilih calon presiden yang akan melanjutkan dan memperbaiki program pemerintah saat ini,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research dan Consulting Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangan tertulisnya yang diterima VOI, Sabtu, 23 September.

Selanjutnya, Pangi mengungkap ada 27,8 persen responden yang ingin perubahan besar dalam program pemerintah dan 19,2 persen mendukung capres yang akan melanjutkan program pemerintah.

“Hasil survei ini menggambarkan bahwa terdapat potensi dukungan pemilih yang cukup besar terhadap gagasan perubahan dan keberlanjutan,” ujarnya.

Pangi kemudian menyebut kandidat yang mau melanjutkan tapi juga memperbaiki program pemerintah saat ini punya kemungkinan untuk memenangkan Pilpres 2024. Sosok yang disorotnya adalah eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurutnya, Anies punya pandangan menarik soal perubahan ketika hadir menghadiri sebuah acara di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarata beberapa waktu lalu.

“Pendekatan yang diambil oleh Anies Baswedan dan koalisinya dengan mengusung gagasan perubahan yang tidak merusak kebijakan sebelumnya dan sekaligus menawarkan inovasi serta keadilan dalam setiap kebijakan tampaknya merupakan langkah strategis yang bijak,” jelas Pangi.

Gagasan yang ditawarkan oleh capres dari Koalisi Perubahan itu juga dianggap sebagai pilihan politik yang realistis. Sehingga, Pangi meyakini, Pilpres 2024 akan makin menarik karena tema keberlanjutan perubahan dan inovasi menjadi salah satu tema yang menyorot perhatian publik.

“Pendekatan ini mencoba menjadi jawaban bagi pemilih yang menginginkan perubahan yang terencana dan tidak serampangan sekaligus juga tetap menjaga harapan pemilih yang menginginkan adanya perubahan dan perbaikan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

“Dalam konteks Pilpres 2024, gagasan perubahan yang diusung oleh Anies Baswedan dengan fokus pada keberlanjutan dan inovasi tampaknya menjadi pilihan politik yang realistis. Pendekatan ini mencerminkan pemahaman yang kuat tentang keinginan dan aspirasi pemilih yang beragam,” pungkas Pangi.