AHY Umumkan Demokrat Resmi Dukung Prabowo Capres 2024, Dibalas Salam Hormat Prabowo
Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono/FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi mengumumkan partainya mendukung Prabowo Subianto menjadi calon presiden dalam Pilpres 2024.

Hal ini diungkapkan AHY dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Jakarta Covention Center (JCC).

"Tanggal 21 september 2023 pada rapat pimpinan nasional partai demokrat, bertempat di Jakarta Convention Center, saya Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat secara resmi dan terbuka mendeklarasikan Bapak Prabowo Subianto sebagai calon presiden Republik Indonesia dalam Pemilu 2024," kata AHY, Kamis, 21 September.

Sesaat AHY mengumumkan dukungan tersebut, Prabowo yang juga hadir di acara tersebut langsung berdiri, memberi salam hormat ke arah AHY yang sedang berpidato di panggung.

AHY menilai Indonesia membutuhkan pemimpin yang bisa menghadapi tantangan geopolitik, ekonomi, kesejahteraan, hingga ancaman krisis iklim dan lingkungan.

Ia juga menyebut sosok pemimpin Indonesia harus mampu merangkul semua golongan. Menurut putra Susilo Bambang Yudhoyono ini, Prabowo merupakan tokoh yang sesuai dengan kriteria peminpin yang dimaksud.

"Akhirnya kita membutuhkan pemimpin yang visioner atau man of action, menghadirkan kesinambungan dan perubahan untuk Indonesia ke depan, semakin adil rakyatnya, dan bermatabat demokrasinya," ungkap AHY.

"Sosok pemimpin dengan kriteria-kriteria tadi ada di tengah-tengah kita saat ini. Bapak Prabowo Subianto," imbuh dia.

Partai Demokrat akhirnya bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Keputusan ini diambil setelah partai berlambang bintang Mercy ini mencabut kerja sama dengan partai pendukung Anies Baswedan yang menggandeng Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Dukungan ini merupakan hasil keputusan Majelis Tinggi Partai (MTP). Prabowo juga sudah bertemu dengan AHY dan Ketua MTP Susilo Bambang Yudhoyono beserta elite Partai Demokrat di kediamannya, Hambalang, Jawa Barat pada Minggu, 17 September lalu.