Demo Rempang di Patung Kuda Disusupi Pencuri Helem, Beruntung Ditangkap
Pelaku pencurian di demo Rempang/ Foto; Rizky S

Bagikan:

JAKARTA - Rahmat (25) salah seorang pelaku pencurian helm berhasil diamankan oleh satgas Bang Jafar yang tengah menjaga aksi demo Bela Rempang di parkiran motor kawasan patung kuda Monas, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu, 20 September, sore.

Menurut keterangan Arif, satgas Bang Jafar, dirinya berhasil memergoki pelaku saat mencuri helm berwarna hitam dan jaket yang berada diatas motor milik peserta aksi Bela Rempang. Pelaku pun berhasil ditangkap olehnya.

"Pelaku berjumlah dua orang. Yang satu membawa karung berisi helm semua, tapi dia berhasil kabur. Yang saya tangkap, dia yang mencuri helm nya," kata Arif kepada VOI di kawasan patung kuda Monas, Jakarta Pusat.

Pelaku berkaos hitam dengan tulisan 'Positive Energy' itu juga sempat menjadi bulan - bulanan massa aksi demo yang geram atas ulah pelaku. Beberapa pendemo juga sempat memukul pelaku.

"Saya lagi duduk, tiba - tiba ada orang ngambil helm, saya kira motornya dia, soalnya ambil di motor kan. Kemudian temannya dia (pelaku lainnya) yang mengendarai motor itu, dari pinggir jalan teriak (ambil) helm dan jaket sekalian," katanya.

Pelaku bernama Rahmat diduga beraksi bersama komplotan lainnya. Rahmat tidak beraksi seorang diri, dia bersama temannya yang berhasil kabur.

"Saya lihat sudah ada karungan helm di depan motor pelaku, saya mau tangkap (teman pelaku) tapi yang di motor keburu kabur. Akhirnya saya tangkap yang ambil helm dan jaket ini," ujarnya.

Pelaku Rahmat yang berhasil ditangkap oleh satgas aksi demo Bela Rempang, kemudian diamankan oleh anggota Polantas yang ada di lokasi kejadian. Guna menghindari amukan massa yang semakin menyemut, pelaku diamankan ke dalam mobil tahanan milik Polres Metro Jakarta Pusat.

"Pelaku dua orang. Pelaku yang kabur, dia mengendarai motor dan membawa karung berisi helm," katanya.