Pemkab Nagan Raya Upayakan Perluasan Bandara Cut Nyak Dhien
Pengguna sepeda motor melintasi Gedung Terminal Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Selasa (15/1/2019) siang. (Foto Antara Aceh/Teuku Dedi Iskandar).

Bagikan:

ACEH - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, berupaya memperluas landasan pacu dan terminal Bandar Udara Cut Nyak Dhien sebagai upaya meningkatkan investasi dan perekonomian di daerah.

"Ada sekitar 45 hektare lahan yang akan kita bebaskan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Nagan Raya Efliyanto kepada ANTARA di Nagan Raya, Aceh, Selasa, 19 September. 

Ia mengatakan total kebutuhan anggaran untuk perluasan landasan pacu, terminal, dan area parkir pesawat diperkirakan mencapai Rp400 miliar.

Dengan adanya perluasan bandara, ia berharap bandara tersebut dapat didarati pesawat jenis Boeing atau Airbus, dengan kapasitas penumpang yang lebih banyak.

Efliyanto juga mengatakan saat ini Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya memiliki landasan pacu sekitar 1.800 meter, sehingga hanya bisa didarati pesawat jenis ATR-72 600 dengan kapasitas penumpang sebanyak 72 orang.

Selama ini, bandara tersebut juga didarati pesawat jet pribadi atau jenis Caravan yang dioperasikan oleh maskapai swasta dengan penerbangan perintis.

Ia menyebutkan program perluasan Bandar Udara Cut Nyak Dhien telah bergulir sejak 2020 dan Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas saat ini terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Aceh dan Kementerian Perhubungan.

Hal ini diharapkan program perluasan Banda dapat segera direalisasikan oleh pemerintah pusat dan Pemerintah Aceh, sebut Efliyanto.