Bagikan:

YOGYAKARTA - Beberapa hari lalu, telah terjadi kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo di Mojosongo, Solo, Sabtu 16 September kurang lebih jam 13. 00 WIB. Kobaran api diprediksi berasal dari gas metan yang terserang hawa panas musim kemarau. Ini bukan kali pertami kejadian terkait TPA yang terbakar di Indonesia dalam sebulan terakhir loh!

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo, Sutarja, berkata petugasnya langsung bergerak ke posisi kebakaran begitu menemukan laporan. Saat ini, petugas damkar masih berupaya memadamkan kobaran api di TPA Putri Cempo.

“Sebenarnya, satu unit mobil damkar telah stand by di dekat TPA Putri Cempo sepanjang sebulan ini buat mengestimasi kebakaran sampah dikala masa kemarau,” kata dia.

Dan tahukah anda, nyatanya dalam sebulan ini terdapat beberapa TPA yang terbakar loh, berikut sebagian TPA yang terbakar di Indonesia dalam sebulan terakhir selain TPA Putri Cempo di Mojosongo, Solo.

TPA yang Terbakar di Indonesia dalam Sebulan Terakhir

Kebakaran TPA Jatibarang, Semarang, Jawa Tengah

Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Jatibarang Semarang terbakar hebat pada Senin siang, 18 September 2023. Barang-barang yang mudah terbakar membuat api cepat merambat hingga asap mengepul.

Melansir dari ANTARA, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan pendinginan lokasi bekas kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang membutuhkan waktu setidaknya seminggu. 

"Prosesnya (pemadaman) luar biasa sehingga sampai jam 4 pagi (04.00 WIB) saya melihat tinggal titik-titik api kecil," kata Ita, sapaan akrab Hevearita, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa siang. 

Meski sudah padam, kata dia, kemungkinan masih ada sisa bara api, yang jika tidak diantisipasi bisa menimbulkan kebakaran lagi, mengingat tumpukan sampah mengandung gas metana. 

"Pasti masih ada bara-bara api. Tadi malam Pak Kepala Dinas Damkar (Pemadam Kebakaran) menyampaikan proses pendinginan kemungkinan sekitar satu minggu," katanya.

Kebakaran di TPA Randegan, Mojokerto, Jawa Timur

Siapa sangka di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Randegan juga terjadi kebakaran sejak Jumat 8 September. Kabarnya, pembuangan sampah yang mampu menampung kurang lebih 60-70 ton sampah per hari ini kebakaran selama 10 hari lebih.

Kabid Kebersihan DLH Kota Mojokerto Erijanto Mukti Wibowo mengungkapkan, hingga hari ke-10 terbakarnya TPA Randegan, upaya pemadaman menunjukkan hasil yang signifikan.

Nah jadi itulah beberapa kasus kebakaran TPA di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan. Kita doakan saja semoga tak terjadi lagi hal-hal strupa nantinya.

Tiga Kebakaran yang berlangsung di TPA Jawa Barat

Permasalahan kebakaran TPA Sarimukti yang belum juga padam menjadi sorotan banyak pihak. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat menguak kalau TPA yang dibakar tidak cuma di Sarimukti.

Sebagian tempat pembuangan akhir( TPA) sampah di daerah Jabar terbakar dalam beberapa pekan terakhir. Mulai dari;

  1. TPA Sarimukti, 
  2. TPA Bantar Gebang Bekasi, 
  3. sampai TPA yang terletak di Kabupaten Garut. 

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) saat ini mengambil alih penindakan TPA Sarimukti. Status kedaruratan kebencanaan TPA Sarimukti berikutnya di bawah pengawasan Pemprov Jabar berlaku 12- 25 September 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup( DLH) Provinsi Jawa Barat, Prima Mayaningtias membetulkan banyaknya TPA sampah yang dibakar di berbagai kabupaten/ kota di Jawa Barat. Dia juga mengatakan beberapa TPA yang kebakaran dalam waktu sebulan terakhir.

Kebakaran di TPA Kawatuna di Palu

Tak hanya di pulau Jawa, kebakaran juga terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kawatuna di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu 23 Agustus 2023.

Beberapa petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu, BPBD, serta PUPR diterjunkan buat memadamkan api yang membakar lahan TPA tersebut. 

Jadi setelah mengetahui TPA yang terbakar di Indonesia dalam sebulan terakhir, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!