Bagikan:

DENPASAR - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar, Bali, berhasil memadamkan kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Sarbagita Suwung, Kota Denpasar.

"Dari upaya pemadaman intensif, api berhasil dipadamkan pada pukul 17.00 Wita," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar I Made Tirana, Jumat, 6 September.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Denpasar bergerak cepat dibantu oleh Damkar Kabupaten Badung serta Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar dan Provinsi Bali.

Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengendalikan api yang dilaporkan muncul pada pukul 13.26 Wita.

Menurut Tirana, kebakaran ini dipicu oleh cuaca kering yang berkepanjangan akibat musim kemarau. Titik api ditemukan di semak-semak di sebelah barat kolam lindi TPA Suwung, dengan luas area terbakar sekitar 3.000 meter persegi.

Operasi pemadaman melibatkan enam mobil Damkar Denpasar, dua dari Kabupaten Badung, serta dukungan mobil tangki air dari TRC BPBD Kota Denpasar dan Provinsi Bali, termasuk bantuan mobil tangki dari Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan (DLHK) Denpasar.

"Setelah upaya pemadaman intensif, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.00 Wita. Meski demikian, satu unit mobil Damkar Denpasar tetap disiagakan untuk antisipasi kemungkinan munculnya titik api baru," ujar Tirana.

TPA Suwung sebelumnya juga sempat mengalami kebakaran pada 8 Mei 2024. Bahkan pada 12 Oktober 2023, TPA Suwung mengalami kebakaran hebat yang saat itu proses pemadamannya memakan waktu hingga sebulan.