Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Wamen Harvick Hasnul Qolbi menarik untuk dibahas. Di Pemerintahan, ia menjadi Wakil Menteri (Wamen) Pertanian Republik Indonesia. Di luar dari jabatan tersebut, siapa Harvick Hasnul Qolbi sebenarnya?

Profil Wamen Harvick Hasnul Qolbi

Dikutip dari situs Kementan, Harvick Hasnul Qalbi lahir di Jakarta pada 17 November 1974. Secara umum ia dikenal sebagai intelektual dari Nahdlatul Ulama (NU). Di lembaga keagamaan tersebut, Harvick mengurusi perekonomian masyarakat yang menjadi anggota NU, yakni lewat Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU). Di NU ia juga menjadi bendahara PBNU.

Alumni Universitas Persada Indonesia itu juga sempat menjabat sebagai Ketua Presidium Majelis Pimpinan Pusat (MPP) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Selain itu ia juga menjadi salah satu pendiri Koperasi Amanah Sejahtera Bangsa.

Di akhir tahun 2015, Harvick Hasnul Qolbi sempat berencana maju dalam pemilihan Ketua Umum Persija. Kala itu ia harus bersaing dengan Effendi Ghozali. Pencalonan dirinya sebagai Ketum Persija memang sempat disorot karena nama Harvick Hasnul Qolbi tak dikenal luas di dunia sepak bola. Namun jaringan yang dimilikinya diyakini mampu mengatarkannya menjadi Ketum Persija.

Meski demikian, Harvick Hasnul Qolbi akhirnya memutuskan untuk mundur dengan tak mengembalikan berkas formula B1. Ia mengaku ingin fokus menjadi pengurus LPNU untuk mengembangkan business center dan Badan Energi dan Pangan yang digagas NU segera terlaksana.

Presiden Jokowi sendiri menunjuk Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian mendampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Pelantikan Harvick menjadi Wamen digelar pada 23 Desember 2020. Penunjukannya sebagai Wamen diharapkan mampu menyokong cita-cita Mentan SYL yang akan memberi nilai tambah atas produk pertanian Tanah Air.

Dikutip dari Antara, Harvick yang juga menjadi kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  itu mengaku ditugaskan oleh Presiden Jokowi untuk membantu program yang sudah ada di Kementan. Kala itu ia juga menyatakan kesanggupannya untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Kronologi Isu Penamparan Harvick Hasnul Qolbi oleh Prabowo

Muncul isu tak sedap yang mengatakan bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mencekik sekaligus menampar Wakil Menteri (Wamen) Pertanian Harvick Hasnul Qolbi. Bahkan isu tersebut viral di media sosial. Isu penamparan Harvick Hasnul Qolbi disebar oleh akun media sosial bernama Seword.

Narator Seword, Alifurrahman Asyari, mengatakan bahwa dirinya mendengar kabar tersebut dari saksi yang menyaksikan langsung peristiwa tersebut, yang menyatakan bahwa menteri aktif di kabinet Presiden Jokowi mencekik dan menampar wamen jelang rapat kabinet di Istana.

Meski Alifurrahman tak menyebut nama menteri secara gamblang, namun ia memberi petunjuk bahwa sang menteri adalah capres. Petunjuk tersebut memicu spekulasi yang mengarah pada nama Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Menhan sekaligus capres yang akan maju di tahun 2024 nanti. Sedangkan Wamen yang dijelaskan adalah Harvick Hasnul Qolbi.

Meski belum ada klarifikasi dari dua belah pihak, Presiden Jokowi meragukan isu tersebut. Ia menilai isu semacam itu sengaja disebar di tahun politik.

“Masa cekik. Emang tahun politik ini banyak berita seperti ini,” jelas Presiden ketika ditemui usai memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Bali Mester, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa, 19 September 2023.

Itulah informasi terkait profil Wamen Harvick Hasnul Qolbi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.