Kepulan Asap di TPA Jatibarang Semarang Masih Terlihat, Damkar Masih Sibuk Lakukan Pendinginan Usai Kebakaran
Petugas pemadam kebakaran berusaha mendinginkan area yang terbakar di TPA Jatibarang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (19/9/2023). (ANTARA/ I.C. Senjaya)

Bagikan:

SEMARANG - Petugas pemadam kebakaran masih melakukan pendinginan di lokasi kebakaran di TPA Jatibarang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Selasa, 19 September. 

Kepulan asap masih terlihat di gunungan sampah yang berada di zona bekas pabrik pupuk di area TPA Jatibarang yang terbakar sejak kemarin.

Mobil pemadam kebakaran dan truk-truk tangki juga masih lalu lalang menuju ke lokasi kebakaran untuk memasok air.

Kendati proses pendinginan masih berlangsung, aktivitas pembongkaran muatan sampah sudah berjalan seperti biasa di TPA Jatibarang. Truk-truk pengangkut sampah terlihat membongkar muatan di area yang tidak terdampak kebakaran.

Kepala UPTD TPA Jatibarang Wahyu Heryawan mengatakan, upaya penanganan kebakaran yang dilakukan sejak Senin malam sudah sampai pada tahap pendinginan.

"Dari pemadam kebakaran menyampaikan hanya terlihat asap putih, berarti sudah tidak ada api. Kalau asapnya hitam berarti masih ada api," katanya dikutip dari Antara, Senin, 19 September.

Ia berharap proses pendinginan lokasi kebakaran di TPA Jatibarang bisa segera selesai.

Kebakaran yang terjadi di TPA Jatibarang dilaporkan berawal di area bekas tempat pembuangan akhir di bagian atas dan kemudian dengan cepat merembet ke bawah karena angin sedang kencang.

Pemicu kebakaran di tempat pembuangan akhir yang sudah ditutup itu sampai sekarang belum diketahui pasti.