Satgas TNI Bantu Kembangkan Pendidikan di Kampung Kisor
Satgas TNI Yonif 133/YS (antara)

Bagikan:

JAKARTA - Satgas TNI Yonif 133/YS membantu pengembangan pendidikan lewat pengabdian menjadi guru di SD YPK di Kampung Kisor, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya lewat pengabdian menjadi guru guna meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah itu.

Komandan Satuan Tugas Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti Letkol Inf Andhika Ganessakti di Sorong, Minggu, menjelaskan ambil bagian dalam tugas pengajaran merupakan sebuah upaya dari rasa kepedulian TNI untuk meningkatkan pendidikan di Kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan.

"Karena di kampung itu memang ada sekolah tetapi gurunya kurang sehingga atas inisiatif kita ambil bagian dalam pengajaran itu," jelas Letkol Inf Andhika Ganessakti.

Prajurit Satgas Yonif 133/YS, sebut dia, menjadi tenaga pendidik untuk membantu mengajar siswa Sekolah Dasar sebagai bentuk kepedulian nyata dalam mendidik generasi penerus di pedalaman Papua.

"Jadi ambil bagian dalam tugas pengajaran pun merupakan realisasi dari program "Tentara Mengajar Anak Papua Cerdas" yang hadir untuk menjawab kondisi kekurangan guru," kata Komandan Satuan Tugas Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti Letkol Inf Andhika.

Dia mengakui, minim ketersediaan tenaga pengajar di daerah pedalaman Kabupaten Maybrat, menjadi masalah serius untuk proses pendidikan bagi generasi penerus di wilayah Timur Indonesia.

"Dengan pembekalan tenaga pengajar yang telah disiapkan sebelumnya, kami hadir untuk menjadi solusi mengatasi kekurangan tenaga pengajar di wilayah yang menjadi tanggung jawab dari Satgas,” ungkap Dansatgas Andhika dikutip dari Antara.

Sementara itu, anggota Pos Kisor Sersan Dua Ecky menuturkan dirinya merasa terpanggil untuk ambil bagian menjadi guru di SD di Kampung Kisor sehingga kualitas pendidikan di wilayah itu tetap terpelihara kendati pun masih minim tenaga guru.

"Sesegera mungkin kita memberikan ilmu pengetahuan kepada generasi-generasi penerus bangsa di sektor wilayah binaan ini agar anak-anak tidak tertinggal oleh daerah-daerah lain di Indonesia,” beber Ecky.

Kehadiran Satgas Satgas Yonif 133/YS di Kisor untuk mengajar mendapat sambutan baik dan apresiasi dari masyarakat.

"Mereka merasa senang dan berterima kasih kepada TNI khususnya Satgas Yonif 133/YS karena sudah membantu pendidikan di SD YPK Kisor," kata dia