Berapa Lama Efek Bilas Polusi Udara Jakarta: Begini Penjelasannya
Berapa Lama Efek Bilas Polusi Udara Jakarta (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan prosedur water mist spraying memakai pesawat bisa membuat langit Jakarta terang berwarna biru serta berawan. Lalu, berapa lama efek bilas dapat memperbaiki kualitas udara?

Berapa Lama Efek Bilas Polusi Udara Jakarta

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, menyebut tata cara water mist spraying sesungguhnya tidak bertahan lama. Karena, kata dia, air yang disemprotkan di langit Jakarta bakal cepat turun serta menyebar.

"Tentu saja spray air ini tidak bertahan lama di udara karena bakal turun, buat itu pemilihan waktu spray berarti biar hasil optimal," kata Abdul Muhari kepada wartawan, Kamis 14 September.

Ia menyebut waktu yang baik dipilih buat menyemprotkan air dari langit Jakarta yakni pagi menjelang siang. Perihal itu bertujuan supaya polutan di pagi serta sore hari menurun.

"Water mist spray dilakukan pagi jelang siang buat kurangi kandungan polutan dikala peak source pagi serta sore," ucapnya.

Semacam diketahui, langit Jakarta nampak terang berwarna biru serta berawan pada 11- 12 September kemudian. BNPB menguak langkah- langkah yang dicoba buat membetulkan kualitas udara di Jakarta dalam sepekan terakhir.

"Pemerintah terus berupaya buat kurangi polusi udara di daerah ibu kota Jakarta, salah satunya dengan melangsungkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan tata cara water mist spraying memakai 2 pesawat Cessna," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Abdul Muhari berkata upaya modifikasi cuaca itu dilaksanakan oleh BNPB bersama BRIN, BMKG, Tentara Nasional Indonesia(TNI) serta pihak terkait lainnya di daerah Jakarta. Menurutnya, operasi bilas polusi udara tersebut diselenggarakan semenjak Senin( 4/9) sampai Senin( 11/9).

"Operasi ini sudah dilaksanakan semenjak Senin( 4/9) sampai Senin (11/9) dengan durasi terbang sepanjang 82 jam 50 menit serta membawa 70. 500 liter air yang disemprotkan buat membentuk evaporasi buatan di langit Jakarta," ucapnya.

Ia menerangkan dalam satu hari, tiap pesawat melaksanakan 4 kali sortir di sebagian daerah di Jakarta, antara lain Jakarta Pusat, Jakarta Timur serta Jakarta Utara.

" Upaya tersebut mulai membagikan dampak yang signifikan di mana terjadi penurunan nilai polutan PM 2. 5, sehingga langit di daerah Jakarta mulai nampak bersih," ujarnya.

Jadi setelah mengetahui berapa lama efek bilas polusi udara Jakarta, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!